Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Prodi Keperawatan Anestesiologi UMP Purwokerto Adakan Pembekalan Ujian Ukom

Guru Menulis | Monday, 26 Jun 2023, 05:14 WIB

Solo – Prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengadakan pembekalan untuk persiapan menghadapi Ujian Ujian kompetensi (Ukom) yang menurut rencana tahun ini merupakan angkatan perdana mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto menjalani Ujian Kompetensi. Pendaftaran Ujian kompetensi keperawatan anestesiologi sendiri akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli tahun 2023.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika memberikan pembekalan pembahasan ujian Ukom pada mahasiswa/Foto : Dokpri

Sebanyak 10 mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi lulusan pertama akan menjalani ujian kompetensi keperawatan Anestesiologi. Sebelumnya mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi UMP Purwokerto sudah pernah menjalani ujian try out nasional yang diadakan oleh Asosiasi perguruan tinggi keperawatan anestesi Indonesia.

Untuk mengahadapi persiapan ujian kompetensi nasional maka mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi menjalani Pembekalan pembahasan Ujian Kompetensi Keperawatan Anestesiologi. Tujuan pembekalan pembahasan soal Ujian kompetensi sendiri adalah supaya mahasiswa bisa mengenal dan berlatih pengenalan soal – soal ujian kompetensi yang akan digelar.

Semakin banyak mahasiswa mengenal dan berlatih maka mahasiswa akan semakin mudah dan tanggap dalam menjawab soal ujian kompetensi tersebut. Dalam pembekalan pembahasan soal Ukom mahasiswa diminta mengerjakan soal Ukom dalam durasi waktu secara live, kemudian mahasiswa membaca dan membahas soal – soal ukon beserta alasannya kenapa memilih jawaban tersebut. Kemudian peran dosen mengarahkan dan menjelaskan teori konsep serta analisis soalnya supaya mahasiswa paham. Selain itu mahasiswa juga diajarkan tentang pilihan jawaban yang menjebak supaya mahasiswa tidak salah memilih jawaban.

Seluruh mahasiswa prodi Keperawatan Anestesiologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto sendiri sudah menyelesaikan ujian skripsi dengan baik dan lancar. Dan mahasiswa juga sudah mempresentasikan penelitian yang sudah dilaksanakan di Ruamh sakit masing – masing.

Uji Kompetensi Penata anestesi (UKPI) merupakan ujian tertulis untuk mengetahui dan menguji pengetahuan, keterampilan, serta sikap dalam menjalankan tugasnya sebagai perawat ataupun penata anestesi. Setelah mahasiswa selesai lulus ujian skripsi dan memperoleh surat keterangan lulus (SKL), maka mahasiswa diwajibkan mengikuti ujian kompetensi yang bertujuan untuk sebagai syarat mendapatkan Sertifikasi Penata Anestesi yang bertujuan untuk mencari pekerjaan. Karena syarat tenaga kesehatan sekarang bisa bekerja dirumah sakit adalah memiliki STR.

Dosen Spesialis Medikal bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa untuk karakteristik ujian kompetensi memiliki tingkat kesulitan yang berbeda – beda. Ada yang soalnya mudah tetapi jawabannya hampir mirip semua, ada yang soalnya sulit tetapi jawabannya mudah. Dan ada juga yang soalnya rumit dan jawabannya juga rumit. Tetapi yang jelas untuk semua soal ujian kompetensi dari tahun ke tahun selalu menggunakan soal kasus yang biasa dijumpai dilapangan. Untuk itu pentingnya mahasiswa untuk terus belajar, banyak mengenal soal dan membahas soal ujian kompetensi supaya lebih mudah memahami dan mengerjakan dengan baik dan lancar. *Red

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image