Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image alviyah camilia

Kenali Program Studi Ekonomi Islam di Universitas Airlangga

Sinau | 2023-06-19 18:24:37
Gedung FEB UNAIR/Foto: Dokumentasi Mahasiswa FEB UNAIR

Mungkin orang-orang sering mendengar jurusan ekonomi syariah, tetapi banyak yang belum tahu jurusan Ekonomi Islam ada di Universitas Airlangga. Untuk adik-adik yang minat dalam bidang ekonomi dan bimbang jurusan, tetapi ingin masuk di Universitas Airlangga. Yuk, kenali program studi Ekonomi Islam di Universitas Airlangga.

Sebelum mengetahui seputar program studi Ekonomi Islam di Universitas Airlangga, alangkah baiknya mengetahui perbedaan ekonomi Islam dan ekonomi konvensional. Ekonomi Islam yang biasa disebut ekonomi syariah berbeda dengan ekonomi konvensional.

Menurut laman resmi Bursa Efek Indonesia, ekonomi Islam itu bentuk dari percabangan ilmu ekonomi yang mengimplementasikan nilai dan prinsip dasar syariah berlandaskan Al-Qur’an, sunnah, Ijma’, dan Qiyas. Jadi, ekonomi Islam mempelajari segala perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga manusia dapat memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akhirat. Sedangkan ekonomi konvensional mempelajari perekonomian yang menekankan pada kebebasan secara penuh pada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian. Jadi, ekonomi konvensional menggunakan sistem perekonomian berbasis pada era global.

Lalu, apa yang menjadikan kamu harus masuk program studi ekonomi Islam di Universitas Airlangga?

Masyarakat hanya mengenal kedokteran di Universitas Airlangga dan sangat asing dengan program studi ekonomi Islam di Universitas Airlangga. Padahal, Universitas Airlangga sendiri sebagai Perguruan Tinggi Negeri mendirikan program studi ekonomi Islam pertama dan menduduki peringkat pertama dengan Sinta Score tertinggi di Indonesia. Selain itu, menurut Ketua Departemen Ekonomi Syariah UNAIR yaitu Prof. Dr, Sri Herianingrum, SE., M.Si. Ekonomi Islam Universitas Airlangga ini memiliki banyak keunggulan sudah mendapat akreditasi nasional maupun internasional. Universitas Airlangga mengedepankan pendidikan ekonomi Islam dengan bukti memperoleh penghargaan atas prestasi pengembangan prodi ekonomi Islam pada tahun 2017. Dan saat ini, ekonomi Islam di Universitas Airlangga terdapat tiga jenjang, yaitu S1 (Sarjana), S2 (Magister), dan S3 (Doktor).

Indonesia menempati posisi pertama sebagai negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia dan pastinya penduduk mayoritas beragama Islam, sehingga banyak sekali badan atau organisasi yang berbasis syariah. Dengan begitu, perusahaan atau industri ekonomi syariah menjadi peluang tertinggi bagi lulusan program studi ekonomi Islam. Apalagi, Universitas Airlangga merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan bekerjasama dengan banyak perusahaan. Pastinya, perusahaan-perusahaan tidak asing lagi dengan Universitas Airlangga bahwa lulusan Universitas Airlangga terjamin kualitasnya.

Dengan demikian, ekonomi Islam sangat menarik untuk dipelajari. Bagi kalian yang ingin masuk Universitas Airlangga, tetapi bimbang dengan program studinya. Seperti yang diucapkan oleh Ketua Departemen, jangan ragu untuk memilih program studi ekonomi Islam Universitas Airlangga.

(Alviyah Camilia Ch/Mahasiswa Universitas Airlangga)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image