Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Almughni Mika

Manfaat Luar Biasa dari Menjenguk Orang yang Sedang Sakit

Lainnnya | Sunday, 18 Jun 2023, 08:38 WIB
sumber : https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fbengkuluekspress.disway.id%2Fread%2F146114%2Fsaat-menjenguk-orang-sakit-rasulullah-mengajarkan-5-doa-ini&psig=AOvVaw2NPWf4_zjt-r-OXPIRM35H&ust=1687138086398000&source=images&cd=vfe&ved=0CBEQjRxqFwoTCJiZ-bzVy_8CFQAAAAAdAAAAABAK

menjenguk orang sakit merupakan suatu aktifitas yang sering diajarkan oleh orang tua kepada anak-anaknya terutama membesuk kepada kerabat-kerabat terdekat, sehingga tak jarang kita lihat didalam kehidupan yakni banyak orang-orang yang sakit kemudian di jenguk oleh temannya dan orang-orang yang sakit ini butuh perhatian dan dukungan yang lebih sehingga Ketika teman menjenguknya maka anak tersebut akan mendapatkan kebahagiaan dan semangat yang lebih mengelora untuk sembuh.

Dan tidak ada manusia yang menginginkan datangnya sakit padanya. Karena sakit adalah kondisi yang paling ingin dihindari oleh banyak orang. Semua orang pasti ingin hidup sehat, tetapi adakala seseorang mengalami ganguan Kesehatan sehingga jatuh sakit maka dari itu kita harus menjenguknya dan memberikan semangat untuknya.

Rasulullah shallahu alaihi wa sallam bersabda:

“apabila sesorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit ), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya Rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendoa’kannya agar mendapat Rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendoa’kannya agar diberi Rahmat hingga waktu pagi tiba.”(HR. at-Tirmidzi, ibnu majah dan Ahmad dengan sanad shahih).

Dari hadis diatas kita bisa mengambil banyak sekali hikmah yang terkandung di dalamnya seperti dapat mendekatkan diri kepada Allah, mendapatkan ampunannya, mendapatkan banyak Rahmat, mendapatkan pahala yang sangat besar, serta didoakan oleh para malaikat. Menjenguk orang sakit merupakan salah satu ibadah yang utama bagi umat muslim sehingga kita senantiasa dianjurkan untuk selalu menjenguk orang yang sakit dan mendoakannya. Mengunjungi dan menjenguk orang sakit juga merupakan perbuatan yang mulia Dan masih banyak lagi hadis-hadis lain yang menyebutkan keutamaan menjenguk orang yang sakit.

Dan selain itu banyak manfaat yang bisa diambil dari ibadah tersebut. Tidak hanya orang yang sakit dapat pelajaran tetapi orang yang menjenguk juga memperoleh banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh menjenguk orang yang sakit :

Orang yang sakit merupakan orang yang istimewa mata Allah karena orang yang sakit adalah orang yang sedang mengalami musibah, sedang mengalami cobaan, sekaligus sedang di sayang oleh Allah SWT. Oleh karena itu terkadang membuat diri kita ikut merasa sedih karena penderitaan atas orang yang sedang sakit tersebut dan di sisi lain mendorong kita untuk bersyukur karena masih bisa menikmati kesehatan hingga saat ini. Dalam keadaan ini berpotensi menjadikan kita agar selalu menjaga Kesehatan kedepannya agar tidak jatuh sakit.

Menjenguk orang sakit dapat menyambung tali silaturahim dan membuat persaudaraan semakin erat karena dari keadaan ini membuktikan bahwa orang yang menjenguk orang yang sakit selalu senantiasa bersamanya bukan di saat senang saja, bahkan saat susah juga ikut membantunya. Dan orang yang sakit akan sangat berterima kasih atas perbuatan baiknya itu.

Menjenguk orang sakit dapat mengajarkan kita ilmu tambahan tentang cara menjaga Kesehatan. Dari pengalaman menjenguk orang yang sakit. kita akan mengetahui apa saja yang harus dihindari dan dijauhi Ketika seseorang mengalami penyakit tersebut agar kita tidak ikut terserang penyakit yang sama. Ini merupakan informasi penting untuk diri sendiri dan di sampaikan terutama kepada orang-orang yang kita sayang seperti keluarga, kerabat-kerabat terdekat.

Menjenguk orang sakit mendorong kita untuk instropeksi diri sejauh mana kepedulian diri kita terhadap Kesehatan. Mungkin selama ini kita hanya memikirkan tentang kesenangan semata sehingga lupa akan Kesehatan. Kesehatan merupakan suatu hal yang utama di dalam hidup tanpanya kita tak akan bisa merasakan kebahagiaan bahkan semuanya terasa hampar, oleh karena itu kita butuh intropeksi diri dan memperbaiki sifat-sifat agar terus menjaga Kesehatan.

Orang yang sering menjenguk orang yang sakit akan adakalanya saling berbalas budi dan menjenguknya jika suatu saat nanti sakit. Karena itu adalah bentuk rasa terima kasih dari perhatian yang diberikan sebelumnya. Dan tentu menumbuhkan rasa empati karena bisa merasakan penderitaan orang lain dan ikut bersedih karenanya. empati itu sangat penting karena membantu sesorang merasakan kedekatan emosional yang membuat hidup lebih Bahagia, lebih sehat, jauh dari sikap sombong dan egois, dan sebagai sarana evaluasi diri.

Itulah beberapa manfaat dari menjenguk orang yang sakit maka berilah perhatian terhadap orang yang jatuh sakit dan kita juga akan mendapatkan manfaat-manfaat tersebut dan jupa lupa agar kita saling menjaga Kesehatan juga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image