Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Bahaya Minuman Beralkohol Pada Remaja Bagi Kesehatan

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 10 Jun 2023, 16:23 WIB

Pernah berfikir bahwa alkohol memiliki efek berbahaya bagi kesehatan tubuh? Saat ini mulai banyak usia remaja yang berani mencoba minuman keras hanya karena rasa ingin tahunya tanpa memikirkan akibatnya.

Banyak yang belum memahami apa bahaya dibalik konsumsi minuman keras dalam jangka panjang bagi kesehatan. Alkohol menjadi biang kerok dari permasalahan kesehatan yang akan muncul.

Kadar Alkohol Dalam Minuman Keras

Minuman keras memiliki kadal alkohol yang berbeda-beda mulai dari 4,5% hingga 40% tergantung jenisnya. Untuk minuman keras dengan kadar alkohol tinggi seperti Whiskey, Vodka, Gin dan Rum yang memiliki kadar alkohol 40%. Ada juga Bir dengan kadar alkohol 4,5 % dan Anggur memiliki kadar alkohol 11 %.

Kadar alkohol ini berbanding lurus dengan akibat kesehatan yang ditimbulkan baik akibat jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Semakin tinggi kadarnya maka akan semakin terasa efeknya secara langsung dan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Sirosis Hati Salah Satu Akibat Konsumsi Minuman Keras

Banyak yang belum memahami apa sebenarnya akibat yang akan ditimbulkan karena konsumsi minuman keras dalam jangka panjang. Remaja hanya memikirkan kesenangan sesaat setelah mengkonsumsi minuman keras. Namun sebenarnya kerusakan berbagai organ mengintai para remaja ini di masa yang akan datang.

Dalam sebuah buku Ilmu Penyakit Dalam menyebutkan bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol bisa menyebabkan penyakit epidemologi. Di Amerika contohnya diperkirakan kejadian sirosis hati adalah 360 per 100.000 penduduk terjadi akibat kebiasaan konsumsi minuman keras.

Prevalensi kejadian penyakit hati belum dilaporkan di Indonesia hanya ada data dari beberapa Rumah Sakit pemerintah tentang jumlah pasien yang dirawat dengan penyakit hati. RS Sardjito melaporkan pasiennya berkisar 4,1% dari total pasien penyakit dalam mengidap penyakit hati. Senada dengan itu di Medan juga dilaporkan jumlah pasien penyakit hai di bagian Penyakit Dalam juga sekitar 4%.

Sirosis hati memang salah satu akibat paling buruk dai penyakit hati disamping kematian. Jangan lagi mencoba-coba untuk mengkonsumsi minuman keras jika mengaku peduli pada kesehatan badan. Bergaya dengan clubbing dan minuman keras saat ini dijamin akan menyesal di masa depan karena memiliki hati yang rusak parah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image