Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Laboratorium Jadi Wadah Efektif Tingkatkan Kapasitas Mahasiswa

Edukasi | Friday, 09 Jun 2023, 08:28 WIB
Siniar Prodi Matematika FAST Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bertema Mencetak Data Saintis Berkarakter di Laboratorium PSDS Matematika UAD (Foto: Royan Agil N)

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun makin meningkat dan berkembang pesat, termasuk dalam bidang data sains yang saat ini memasuki era big data. Perkembangan ini mengarah pada peningkatan pentingnya kemampuan komputasional dalam industri teknologi, yang bergantung pada pengetahuan matematika dan statistika.

Menanggapi hal itu, Program Studi (Prodi) Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) UAD mengadakan siniar bertajuk “Mencetak Data Saintis Berkarakter di Laboratorium Pusat Studi Data Sains (PSDS) Matematika UAD” yang dapat dilihat melalui kanal YouTube FAST UAD.

Sebagai narasumber, Dr. Sugiyarto, M.Si. yang merupakan Kepala Laboratorium Matematika Dasar memaparkan berbagai wawasan baru seputar data sains. Selama ini, Prodi Matematika UAD memang memiliki fokus pada pengembangan matematika dan komputasi saintifik yang sejalan dengan kebutuhan industri sekarang, terutama dalam rangka memenuhi kebutuhan dakwah Muhammadiyah yang didorong oleh perkembangan teknologi.

Dr. Sugiyarto sendiri telah mencapai karya-karya yang luar biasa dalam penelitiannya, terutama dalam bidang digital image processing, yang merupakan salah satu area yang berkembang pesat dalam bidang matematika komputasi. Dalam 2 tahun terakhir, ia telah melakukan penelitian yang menghasilkan berbagai kontribusi signifikan. Ia menyampaikan, “Di bidang akademik, kami telah mencoba berbagai macam hal. Saat ini kami memiliki beberapa Hak Kekayaan Intelektual, publikasi jurnal yang terindeks di Scopus, program pengabdian masyarakat, dan banyak lagi. Hal-hal tersebut sangat penting untuk memperkaya dunia akademik kami.”

Selain itu, pembelajaran Prodi Matematika tidak hanya berfokus pada perhitungan matematika semata, seperti menjelaskan rumus dan algoritma sederhana saja. Lebih dari itu, pendekatan yang lebih praktis dalam pembelajaran matematika adalah mengarahkan siswa untuk memecahkan masalah sosial yang didasarkan pada pengetahuan matematika.

Dr. Sugiyarto menekankan pentingnya membekali mahasiswa matematika yang terlibat dalam Laboratorium Matematika melalui PSDS agar mereka siap menjadi praktisi data ketika menghadapi dunia nyata. Ia menyatakan bahwa memiliki kemampuan matematika dasar yang kuat dan logika yang terasah akan memudahkan dalam mempelajari dan mendalami dunia data sains. Kemampuan tersebut akan menjadi modal yang kuat saat memasuki industri di era big data saat ini, terutama dalam aplikasi dan penerapan dalam analisis data.

Ia juga memberikan contoh bahwa seperti minimarket atau supermarket yang saat ini menjamur, penataan produk di dalamnya tidak hanya dilakukan secara sembarangan, tetapi melibatkan rumus matematika tertentu. Hanya orang yang memiliki pemahaman matematika yang dapat memahami dan menerapkan konsep tersebut dengan baik. Memang benar bahwa lulusan matematika dari UAD yang bekerja di salah satu supermarket besar di Indonesia dapat melakukan pekerjaan serupa. Mereka bertanggung jawab untuk mengatur dan menganalisis susunan produk dengan memanfaatkan kemampuan analisis matematika yang mereka miliki. Dalam hal ini, pemahaman matematika dan kemampuan analisis mereka sangat berharga untuk memaksimalkan efisiensi dan keuntungan dalam manajemen stok, penempatan produk, dan strategi pemasaran di dalam supermarket tersebut.

Pusat Studi Data Sains Matematika UAD

Pusat Studi Data Sains (PSDS) Matematika UAD berfungsi sebagai wadah eksplorasi bagi mahasiswa untuk belajar lebih dalam dan menjadi pusat aktivitas mahasiswa matematika dalam mempelajari, berdiskusi, dan berbagi pengetahuan seputar matematika dan komputasi. Dr. Sugiyarto menekankan pentingnya pembelajaran di luar kelas dan menciptakan atmosfer akademik di laboratorium sebagai tambahan bagi mahasiswa.

Kemampuan komputasi menjadi sangat penting dalam menjawab tren saat ini, terutama di UAD yang merupakan perguruan tinggi swasta. Berbeda dengan perguruan tinggi negeri lainnya, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), yang lebih fokus pada pembekalan teoritis matematika. UAD berfokus pada peningkatan keterampilan kemampuan komputasi yang menjadi kelebihan dan memungkinkan mahasiswa bersaing dengan lulusan matematika lainnya di Indonesia.

PSDS menciptakan lingkungan yang subur bagi mahasiswa, di mana ekosistem akademik dan suasana pembelajaran yang menyenangkan terbentuk. Di Laboratorium Matematika, mahasiswa dapat mengembangkan potensi mereka dan memperoleh kepercayaan diri serta jiwa yang tangguh dalam menyelesaikan masalah. Menurut Dr. Sugiyarto, 9 dari 10 mahasiswa yang ia bimbing siap untuk berkarier di dunia industri. Laboratorium menjadi wadah yang paling efektif untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan mahasiswa agar siap berkontribusi dalam masyarakat.

Ia memberikan pesan kepada seluruh mahasiswa, yaitu agar mereka memiliki rasa disiplin, kerja keras, tekun, rajin, serta menggabungkan penuntunan ilmu dengan doa sebagai kunci utama meraih kesuksesan. (roy)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image