Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Media Cirebon

Cara Mengatasi Layar HP Hitam (Layar Blank)

Teknologi | Tuesday, 06 Jun 2023, 23:20 WIB

Layar HP Hitam pada hp android atau yang sering disebut dengan blank screen adalah suatu kejadian dimana hp baru di hidupkan kemudian tiba-tiba blank layar putih padahal tidak ada benturan atau jatuh sebelumnya. Beberapa saat kemudian layar smartphone android yang semula normal menjadi buram/pudar warna bahkan membuat layar hp android menjadi putih. Masalah layar blank hp seperti ini sebenarnya sudah sangat sering terjadi terutama pada hp android, jadi kita tidak perlu khawatir tidak menemukan solusi untuk Cara Mengatasi Layar HP Hitam.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan informasi mengenai penyebab dan solusi LCD Android blank. kami memberikan solusi untuk Anda, dengan tujuan agar kita mengambil langkah yang salah dalam mengatasi masalah hp android blank.

Karena tidak semua masalah dengan layar hp hitam, tetapi nyala api disebabkan oleh LCD yang rusak, makanya kita perlu menggantinya dengan yang baru, padahal kita sudah tahu harga LCD / touchscreen hp android itu tidak murah. Jika kita mengalami masalah layar smartphone android blank, Cara Mengatasi Layar HP Hitam yang biasanya dilakukan pertama kali sebagai berikut:

Kami akan membahas tentang Cara Mengatasi Layar HP Hitam dengan pembahasan yang sederhana untuk mengatasi layar blank, maka kita perlu melakukan beberapa perbaikan, antara lain:

Cara Mengatasi Layar HP Hitam

1. Atur Ulang Pabrik

Cara Mengatasi Layar HP Hitam paling sederhana saat hp jatuh dan mengalami layar blank adalah dengan melakukan factory reset. Untuk cara melakukan factory reset, setiap smartphone android memiliki tombol yang berbeda-beda namun dengan googling dan kita bisa menemukannya. Kami menyarankan jika akan melakukan factory reset sebaiknya kita melakukan backup terlebih dahulu, karena dengan begitu berarti kita sudah siap untuk menghapus semua data yang ada di hp yang kita miliki.

2. Program Rusak dan Flash Ulang

Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa layar hp android blank biasanya berasal dari kerusakan sistem operasi, maka flashing ulang hp adalah solusinya. Tetapi kita juga harus berhati-hati saat melakukan flashing hp android karena akan terjadi banyak sekali masalah yang terjadi saat android blank setelah di flashing.

Oleh karena itu kita membutuhkan tools seperti Flash ROM Android menggunakan SP Flash Tool dengan default/firmware asli agar dapat diterima oleh sistem Android yang anda miliki. Jika kita kurang percaya diri untuk melakukan langkah ini, lebih baik serahkan saja pada orang yang ahli dalam mem-flash Android yang Anda percaya.

3. Layar Kosong Putih Karena Sirkuit

Layar hp hitam atau menjadi warna puti polos sekarang sering kali terjadi karena benturan atau terlalu panjang di saku celana (jeans) sehingga tertekan lama. Cara mengatasi layar hp android yang tampilan layarnya blank atau putih dalam hal ini, yang perlu kita lakukan adalah :

- Pertama yang bisa kamu lakukan dengan membongkar semua cashing hp android yang kita miliki.

- Kemudian bersihkan komponen menggunakan sikat lembut yang dicelupkan ke dalam spiritus. Prioritaskan membersihkan area Konektor LCD.

- Setelah itu keringkan dan pasang kembali.

Mungkin saja saat anda membersihkan layar hp android dan yang terjadi ternyata konektor layar hp sudah rapuh maka perlu untuk mengganti konektor LCD tersebut.

Namun jika sambungannya menggunakan konektor atau karet, coba bersihkan menggunakan penghapus pensil di bagian samping pad yang menyambung ke layar LCD hingga terlihat bersih.

4. Layar Kosong Putih Karena LCD Rusak

Jika masih kosong dan tidak ada perubahan sama sekali, maka putuskan untuk mengganti LCD baru atau bekas tapi masih bagus. Disarankan untuk mengganti lcd di konter terdekat, bisa langsung dipasang agar jika ada masalah akan mudah untuk mengatasinya.

Cara cek layar rusak atau tidak dengan cara hidupkan hp lalu kita misscall nomor yang ada di hp, jika hp bisa berbunyi berarti lcdnya rusak atau rusak. Untuk mengatasinya, tentunya harus diganti dengan layar LCD baru. Untuk kisaran harga penggantian layar atau LCD akan berbeda-beda tergantung dari merk handphone dan juga tipe dari masing-masing handphone karena berbeda handphone akan berbeda jenis dan ukuran layanannya. Juga mengenai jenis layar yang memang memiliki spesifikasi berbeda.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Layar HP Hitam (Layar Blank ) seperti yang dilansir link maxwin , semoga bermanfaat terimakasih

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image