Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Danishara Putri

Pertumbuhan Ekonomi Nasional Melalui Investasi

Bisnis | Monday, 05 Jun 2023, 17:48 WIB

Sebuah negara memiliki langkah agar negaranya dapat tumbuh, maju dan berkembang. Banyak langkah yang diambil agar Indonesia terus tumbuh, maju dan berkembang. Salah satunya dengan memfokuskan sektor perekonomian. Dalam sektor perekonomian, perlu adanya pertumbuhan yang secara signifikan, agar kondisi ekonomi suatu negara dapat dikatakan memiliki nilai yang baik. Banyak cara yang dilakukan oleh negara Indonesia agar ekonomi tersebut terus untuk tumbuh. Dengan cara melalui Investasi.

Investasi merupakan salah satu komponen untuk meningkatkan pendapatan yang ada di Indonesia. Investasi telah membantu proses pemulihan ekonomi di saat Indonesia sedang mengalami proses pemulihan dari situasi pandemik. Investasi memiliki keterkaitan dengan PDB suatu negara. Mengapa memiliki keterkaitan ? karena apabila seseorang memiliki keinginan berinvestasi turun, maka PDB akan turun. Hal tersebut bisa berdampak pendapatan nasional suatu negara.

Menurut ilmuan (Harrod-Domar), apabila ingin tercapainya pertumbuhan ekonomi yang steady growth, maka diperlukan adanya pembentukan modal atau investasi agar dapat berkembang dalam jangka waktu yang panjang, seperti Indonesia yang saat ini telah meningkat pertumbuhan investasinya dibandingkan Kuartal IV tahun 2022.

Investasi di Indonesia memiliki pertumbuhan sebanyak 16,5% pada Kuartal I (Januar- Maret) tahun 2023 dengan pencapaian senilai Rp 328,9 Triliun dengan menyerap tenaga kerja Indonesia sebanyak 384.892 orang. Indonesia semakin yakin dan optimis dengan pertumbuhan investasi tersebut, karena percaya bahwa Indonesia mampu mengejar target investasi, yang saat ini target investasi yang ingin dicapai oleh Indonesia di tahun 2023 senilai Rp 1.400 triliun.

Sumber: Kominfo.go.id

Menurut pendapat saya, suatu hal yang perlu kita apresiasi terhadap pencampaian investasi yang ada di Indonesia, yang saat ini telah meningkat secara signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, namun perlu kita ketahui bahwa kita harus tetap waspada terhadap berbagai faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, khususnya faktor alami atau faktor yang tidak dapat di prediksi seperti perang, pandemik, dan lain lain, meskipun pemerintah telah optimis memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan pertumbuhan investasi.

Pemerintah juga perlu menyiapkan kemungkinan terburuknya, atau menyiapkan lebih banyak planning agar pertumbuhan investasi yang saat ini tidak menurun dan dapat meminimalisir kerugian yang dialami oleh pemerintah dan investor lainnya. Selain itu, dalam proses perizinan dan administrasi dalam berinvestasi, pemerintah perlu memudahkan investor dan melayani sebaik mungkin, agar para investor terus berinvestasi sehingga investasi tersebut dapat meningkatkan dan membantu perekonomian di Indonesia.

Pemerintah perlu menegakkan dan menegaskan terkait Undang-Undang dalam berinvestasi, agar tidak terjadi korupsi yang mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Para investor dan pemerintah juga harus memperhatikan tren di setiap kenaikan dan penurunan saham, untuk memperkirakan pergerakan harga aset di masa depan.

Pada proses pertumbuhan ekonomi di tahun 2023 ini, sedang maraknya investasi bodong yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Menurut sumber yang saya baca di CNBC Indonesia, telah ditemukan sepuluh entitas yang melakukan penawaran investasi tanpa izin dan lima puluh pinjaman online tanpa izin. Hal tersebut menunjukkan bahwa penawaran investasi dan pinjaman online yang ilegal masih terus untuk mencari korban.

Hal tersebut membuat para investor merasa ragu ragu untuk berinvestasi dan keamanan untuk berinvestasi semakin rendah. Maka dari kejadian tersebut, pemerintah perlu meningkatkan keamanan, baik keamanan layanannya, data pribadi, dan lain lain agar tidak ada pihak yang merasa di rugikan, serta menegaskan kembali kepada perusahaan yang tidak bertanggung jawab melalui Undang-Undang dan menghukum sesuai peraturan undang undang yang berlaku, karena telah mengambil sejumlah investasi yang telah di investasikan oleh investor atau tidak memberikan deviden.

Selain itu, masyarakat perlu mewaspadai atas kejadian tersebut, dan tidak mudah terpengaruh oleh sejumlah uang yang besar ketika sedang berinvestasi, karena hal tersebut merupakan cara agar kita tertarik dengan investasi yang dijalankannya. Tetap mencari sumber yang terpercaya atau broker yang terpercaya yang sudah dibawahi oleh pemerintah. Mengapa demikian ? Apabila terjadi permasalahan atau kerugian, pemerintah secara tidak langsung akan bertanggung jawab terhadap kerugian dan menangani permasalahan tersebut..

Dengan berbagai cara tersebut, secara tidak langsung dapat mendorong investor untuk beinvestasi sekaligus memicu tingkat pertumbuhan ekonomi karena meningkatnya penanaman modal. Investasi harus ditanamkan di berbagai sektor ekonomi. Mengapa demikian ? agar dapat memperluas jangkauan pasar, serta pertumbuhan ekonomi akan mengalami pertumbuhan secara berkelanjutan.

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa Indonesia di 2023 menuju angka pertumbuhan perekonomian yang baik. Investasi telah mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, namun pemerintah perlu membenahi kembali sistem perekonomian agar terciptanya keamanan dan pertumbuhan ekonomi semakin menjadi lebih baik, serta mewaspadai investasi bodong di sekeliling kita.

Artikel mengutip berita :

https://www.kominfo.go.id/content/detail/46834/presiden-targetkan-investasi-tahun-2023-capai-rp1400-triliun/0/berita

https://www.cnbcindonesia.com/market/20230202115353-17-410367/2023-baru-sebulan-60-investasi-bodong-udah-gentayangan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image