Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adhyatnika Geusan Ulun

Panen Karya Hasil Belajar SMPN 2 Cikalongwetan Memukau Pengunjung

Eduaksi | Friday, 02 Jun 2023, 13:42 WIB
Para guru SMPN 2 Cikalongwetan Kab. Bandung Barat jelang Panen Karya Hasil Belajar. (istimewa)

SMPN 2 Cikalongwetan berhasil menyelenggarakan Panen Karya Hasil Belajar. Acara yang berlangsung meriah tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah, para guru kelas 6 SD terdekat beserta 300 siswanya, Rabu (31/5/23).

Kepala SMPN 2 Cikalongwetan, Endang Wahyu Widiasari, mengapresiasi kegiatan di atas. Pihaknya merasa bangga atas kesuksesan Panen Karya Hasil Belajar tersebut. Menurutnya, acara seperti ini menjadi bukti nyata komitmen sekolah dalam mengembangkan potensi dan kreativitas siswa di bidang seni.

"Acara Panen Karya Hasil Belajar ini tidak hanya memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan bakat dan minat mereka, tetapi juga memupuk rasa percaya diri dan keberanian dalam tampil di depan publik. Semoga acara seperti ini terus dilakukan di masa depan, sehingga kreativitas siswa-siswi SMPN 2 Cikalongwetan dapat terus berkembang dan diapresiasi oleh masyarakat," ujarnya.

Lebih jauh disampaikan Endang, SMPN 2 Cikalongwetan juga telah membuktikan diri sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya fokus pada prestasi akademik, tetapi juga memberikan perhatian yang serius terhadap pengembangan seni dan bakat siswa.

"Semoga kegiatan semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengadakan acara serupa dan mendorong perkembangan seni di kalangan siswa," imbuhnya.

Sementara itu, dalam sambutannya ketua panitia, Nia Kurniasih menyampaikan tujuan utama dari diselenggarakannya Panen Karya Hasil Belajar adalah untuk memberikan wadah kepada siswa-siswi SMPN 2 Cikalongwetan untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui berbagai bentuk seni.

“Kami ingin mengapresiasi dan menginspirasi potensi seni yang ada dalam diri setiap siswa, serta mendorong perkembangan bakat mereka dalam bidang seni. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya promosi sekolah kami, untuk menunjukkan bahwa SMPN 2 Cikalongwetan berkomitmen untuk terus berubah dan menuju arah yang lebih baik dalam memberikan pendidikan yang holistik kepada siswa,” tuturnya.

Disampaikannya juga, salah satu sorotan utama dalam acara ini adalah penampilan berbagai macam kreasi seni yang ditampilkan oleh para siswa. Solo vokal dari Rendi dan Rihana, yang merupakan siswa berprestasi juara 1 solo vokal tingkat kabupaten. Penampilan mereka berhasil memukau para penonton dengan suara indah dan teknik vokal yang memukau.

Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh tarian tradisional Jawa Barat, yaitu Jaipongan. Adalah Novi dari kelas 8A, serta Safa dan Saila dari kelas 7A, berhasil menampilkan tarian ini dengan penuh semangat dan keserasian gerakan, sehingga mampu membangkitkan kebanggaan terhadap warisan seni tradisional Jawa Barat.

Tidak hanya itu, siswa-siswi dari kelas 7 dan 8 juga berhasil menampilkan tarian kreasi mereka sendiri. Dengan kreativitas yang luar biasa, mereka berhasil menciptakan gerakan yang indah dan memukau penonton.Selain penampilan seni di atas, acara dimeriahkan dengan pidato dan puisi dalam Bahasa Inggris. Para siswa yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris menunjukkan kefasihan mereka dalam berbicara dan menyampaikan pesan-pesan yang menginspirasi. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya penguasaan bahasa asing dalam dunia yang semakin global saat ini.

Berbagai tanggapan datang dari tamu undangan. Salah satunya adalah Kepala SDN 3 Cisomang, Neng Komala. Pihaknya mengungkapkan kolaborasi SMP dengan pihaknya diharapkan dapat memperkuat pengembangan potensi seni dan budaya warga sekolah.

“Saya terharu dan bangga atas prestasi siswa-siswa SMPN 2 Cikalongwetan dalam mengembangkan potensi seni. Kegiatan Panen Karya Hasil Belajar memberikan platform penting bagi siswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Saya terkesan dengan penampilan solo vokal, tarian tradisional, pidato, dan puisi dalam bahasa Inggris. Acara ini juga memberikan kesempatan berharga bagi siswa SD kelas 6 untuk melihat hasil karya dan lingkungan SMPN 2 Cikalongwetan. Saya mengapresiasi siswa, guru, dan pihak terkait SMPN 2 Cikalongwetan atas penyelenggaraan acara ini. Semoga kegiatan ini memperkuat kolaborasi antara SMP dan SD dalam mengembangkan potensi seni dan budaya,” tanggapnya.

Di sisi lain, Kepala SDN 2 Cisomang melalui pesan chat pribadi whatsapp kepada Andri Kurniawan Purnama selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, juga mengagumi penyelengaraan kegiatan.

“Alhamdulillah....satu momen acara yang sangat bagus, acarana berkesan. Malihan mah saurna siswa siswi ti Cisomang 2 saremangat, mudah2an ditahun pelajaran ayeuna sareng kapayun na SMPN 2 langkung meningkat, insya Allah ku acara kamari siswa-siswi ti Cisomang 2 seueur nu daftar,” pesannya.

Andri memaparkan, selama acara berlangsung semua tamu undangan diajak berkeliling untuk melihat lingkungan SMPN 2 Cikalongwetan. Mereka dapat melihat fasilitas-fasilitas sekolah, antara lain ruangan OSIS, TMBB, PMR, Perpustakaan, Sains Club, dan stand-stand pameran yang memamerkan semua hasil belajar siswa. Hal ini memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kegiatan dan kemajuan sekolah kepada para tamu undangan.*

Kontributor: Andri Kurniawan, S.Pd (Wakasek HUMAS SMPN 2 Cikalongwetan)-Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image