Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image 01 adhwa keisha

Pengaruh Terapi Musik pada Proses Penyembuhan Kucing.

Pets and Garden | Friday, 02 Jun 2023, 02:37 WIB

Terapi musik telah digunakan oleh manusia untuk mempercepat proses penyembuhan pasca operasi atau kunjung rumah sakit. Music terbukti dapat mempercepat proses penyembuhan dengan membantu mengembangkan kemampuan motoric dan kognitif pada pasien strok untuk mengurangi rasa cemas dan takut berkaitan dengan prosedur pemeriksaan, sehingga music sudah biasa digunakan dalam penyembuhan modern. Efek psikologis dan fisiologis music pada manusia sudah menjadi hal umum di dunia medis. Perubahan pada manusia saat disajikan music membuat para peneliti melakukan penelitian ini pada hewan, dan hasilnya pun tidak jauh beda dengan manusia. Potensi manfaat music pada hewan termasuk membantu kekayaan hayati, mengurangi stress, dan juga pada tingkah laku hewan tersebut.

Manfaat music pada hewan juga dapat ditemui pada beberapa hewan, seperti: berkurangnya stereotype perilaku pada gajah, berkurangnya perilaku agresif pada simpanse dan bertambahnya jam istirahat simpanse, berkembangnya produksi susu pada sapi perah, dan berkurangnya frekuensi anjing menggonggong di shelter.

Kabar baik bagi para pecinta kucing, sebuah studi menunjukkan bahwa ada music yang spesifik dibuat untuk menenangkan kucing di saat-saat mereka merasa stress. Lalu, bagaimana kita dapat mengaplikasikan music untuk Pereda stress pada kucing? Apakah ada music yang dibuat khusus untuk kucing?

Pada sebuah studi yang dilakukan oleh Ronald Koh, beberapa kucing yang mendengarkan lagu khusus yang dibuat untuk kucing memiliki tingkat stress yang lebih rendah saat berkunjung ke dokter hewan daripada kucing yang disajikan lagu klasik. Para peneliti menggunakan lagu yang dibuat secara spesifik untuk kucing yang diselipkan beberapa suara kucing seperti kucing mendengkur ataupun suara-suara kecil yang dibuat oleh kucing. Dan pada hasilnya, kucing lebih memilih music yang memiliki ritme yang mirip dengan frekuensi pada pita suara mereka.

Music ini dapat digunakan pada saat kucing mengalami stress, lalu bagaimana kia mendeteksi stress pada kucing? Cara sederhana yang paling tampak ialah membiarkan kucing berhadapan dengan pemicu stress dan melihat cara ia merespon hal tersebut. Dan jika terdapat beberapa tanda bahwa kucing bereaksi tak wajar pada reaktan, maka disinilah music yang spesifik dibuat untuk kucing memiliki perannya.

Seberapa penting sih music yang dibuat khusus untuk kucing ini? Sama halnya seperti mainan panjat untuk kucing atau video menangkap tikus di YouTube yang terbukti dapat meredakan keagresifan kucing. Menambahkan music yang spesifik khusus dibuat untuk kucing memberikan potensi solusi untuk para pemelihara kucing untuk memfamiliarkan hewan peliharaan di lingkungan-lingkungan baru.

Menyediakan music khusus untuk kucing pada proses pemeriksaan kucing memberikan kemampuan untuk para dokter hewan memberikan perawatan yang optimal untuk kucing. Dan juga untuk pemilik peliharaan yang dapat merasa lebih aman.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image