Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kelvin Waru 27

Menjadi Pendengar yang Baik bagi Mahasiswa Perantauan Itu Penting Mengapa?

Edukasi | Thursday, 01 Jun 2023, 18:30 WIB

Menjadi pendengar yang baik bagi mahasiswa perantauan itu penting

Mengapa?

Mahasiswa perantauan sendiri identik dengan seseorang yang memiliki keinginan untuk terus melanjutkan pendidikannya sehingga ia jauh dari sanak keluarganya tak jarang pula para mahasiswa yang merantau ini terpaksa untuk keluar dari zona nyamannya. Menjadi mahasiswa perantauan bukanlah suatu hal yang mudah dimana seseorang tersebut harus mulai belajar untuk hidup mandiri dan menjadikan dirinya sendiri sebagai penopang bagi dirinya. Para mahasiswa perantauan tak jarang harus mengalami berbagai macam persoalan seperti masalah pribadi, perekonomian, keluarga dan lain-lain yang harus dilewatinya secara sendirian sehingga hal tersebutlah yang menyebabkan para mahasiswa perantauan menjadi seseorang penutup.

Menurut pengalaman saya pribadi sebagai mahasiswa perantauan sebenarnya para mahasiswa perantauan itu sangatlah membutuhkan seseorang pendengar, baik itu tentang hal-hal yang menyenangkan ataupun tidak menyenangkan sebab adanya pendengar yang baik maka akan membuat seseorang merasakan sebuah kenyamanan, kepuasaan untuk mengungkapkan segala bentuk-bentuk emosinya yang selama ini ia pendam. Pendengar terbaik dapat kita temukan di lingkungan sekitar kita sendiri seperti salah satunya adalah sahabat dekat. Sehingga dengan adanya pendengar yang baik untuk para mahasiswa perantauan itu sangatlah penting untuk menurunkan angka depresi ataupun bunuh diri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image