Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alfina Arista Rahmawati

Jalur Mandiri Bisa Pakai KIP-K di Universitas Airlangga, Kok Bisa ?

Pendidikan dan Literasi | Tuesday, 30 May 2023, 11:37 WIB

Jalur mandiri yang dikenal sebagai "jalur uang" oleh para calon mahasiswa yang sudah tertolak oleh SNMPTN ataupun SBMPTN karena memang pada dasarnya pada jalur mandiri para calon mahasiswa baru wajib membayarkan uang pangkal yang cukup besar dan tergantung pada program studi masing-masing, terlebih lagi pada program studi kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan, keperawatan, kesehatan masyarakat dan program studi kesehatan lainnya yang memiliki besaran uang pangkal cukup tinggi.

Banyak yang beranggapan dimana hanya orang kaya dan memiliki banyak harta saja yang dapat masuk jalur mandiri karena besaran uang pangkalnya.Di Universitas Airlangga sendiri besaran uang pangkal untuk jalur mandiri berkisar dari UKA minimal 50.000.000 hingga 99.000.000 untuk program studi saintek dan kesehatan. Dan UKA minimal 30.000.000 hingga 45.000.000 untuk program studi soshum.

Seperti tahun sebelumnya, pada 2022 ini pada jalur Mandiri Reguler Unair peserta dengan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) bisa mendaftar. Ada sebanyak 17 program studi yang dapat dipilih calon mahasiswa. 17 program studi tersebut adalah Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Akuakultur, Kedokteran Hewan (SIKIA), Kesehatan Masyarakat (SIKIA), Akuakultur (SIKIA). Ada pula Teknologi Hasil Perikanan, Rekayasa Nanoteknologi, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Ilmu Politik, Antropologi, Ilmu Sejarah, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Ekonomi Islam.

Nantinya Uang Kuliah Awal (UKA) yang ada akan menjadi nol rupiah bagi penerima KIPK, jadi kesepatan untuk yang memiliki nilai akademik bagus tapi tidak mampu secara ekonomi bisa tetap mendaftar di jalur mandiri Unversitas Airlangga. Pendaftaran ini bisa dilakukan dengan memilih option peserta KIPK di laman pendaftaran, nantinya secara otomatis peserta juga harus melampirkan bukti kartu KIPK nya.

Untuk kuota jalur mandiri KIPK sendiri tidak dibatasi. Pihak universitas tidak menetapkan maksimal pendaftar KIPK. Ada dua penilaian dalam seleksi jalur mandiri ini KIPK ini yaitu dari potensi akademik dan kemampuan akademik.

Dengan dibukanya kembali jalur masuk untuk calom mahhasiswa baru yang kurang mampu dapat menjadikan peluang besar bagi mereka untuk tetap menjadi bagian dari Universitas Airlangga, dengan dibebaskannya Uang Kuliah Awal (UKA) yang cukup besar angkanya di Universitas Airlangga. Hanya dengan melakukan ujian tulis akademik dan melakukan pendaftaran di laman web yang telah disediakan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image