Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ikbar juniartha

Fenomena Konser Kembali Pasca Pandemi, Antusias Gen Z Membludak

Gaya Hidup | Sunday, 28 May 2023, 20:01 WIB

Seperti yang kita tau pandemi Covid-19 sempat membuat berbagai aktivitas industri hiburan berhenti total. Ini dimulai sejak pemerintah memberlakukan aturan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) pada 15 Maret 2020 lalu, tak lama setelah kasus pertama Covid-19 ditemukan di Tanah Air. Tentu aturan tersebut memberi dampak besar terhadap hampir semua industri, termasuk industri kreatif yang disini dimaksudkan adalah fenomena konser.

Tapi seiring berjalannya waktu , pandemi Covid-19 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan penyelenggaraan ajang konser musik dan ekonomi kreatif sudah dapat digelar, dengan syarat menerapkan protokol kesehatan (prokes) serta vaksinasi lengkap karena situasi pandemi Covid-19 semakin terkendali.

“Presiden (Joko Widodo/Jokowi) hadir sendiri dan memerintahkan kami dan Polri bahwa ajang musik dan ekonomi kreatif lainnya difasilitasi agar mendapatkan izin,” ucapnya Sandiaga dilansir dari Antara, Minggu (27/3/2022). Ia mengaku, Presiden Jokowi telah memerintahkan pihaknya memudahkan perizinan ajang musik maupun ekonomi kreatif (ekraf) mengingat selama dua tahun terakhir pecinta musik dan seniman di Indonesia sudah berhasrat mengadakan konser.

Tak heran,dengan adanya berita tersebut yang membolehkan diperdayakan konser lagi ,antusias dari Gen Z pun membludak untuk menonton konser regional maupun internasional . Misal Pada bulan Februari deretan konser spektakuler digelar di Indonesia mulai dari konser Tulus yang digelar 11 Kota, ITZY: The 1st World Tour Checkmate, Sehun dan Chanyeol, dan Westlife yang digelar pada Februari 2023. Disusul bulan Maret yang tak kalah menyita perhatian yakni dibuka dengan Konser NCT Dream, Blackpink World Tour, Joyland Festival, dan Arctic Monkeys.

Kalangan muda atau yang sering disebut saat ini “Gen Z “ baru baru ini di dihadirkan berita bahwa akan adanya ColdPlay yang akan mengadakan konser di Indonesia pada November mendatang nanti Tanpa lama lagi antusias mereka pun sangat besar untuk berpatisipasi dalam “ war tiket “ yang dilakukan pada tanggal 17 Mei 2023 kemarin.

Bisa dilihat pada konser BlackPink waktu itu yang berjudul “BornPink” , para kalangan muda juga berantusias tinggi dalam konser tersebut sehingga penonton pada saat itu mencapai 70 ribu lebih , jadi tak heran kalua ada konser dari luar antusias dari Indonesia tidak perlu diragukan bahkan sampai ada yangt menggunakan jasa joki dalam mendapatkan tiket tersebut .

Selain BlackPink antusias fans ColdPlay dalam war kemarin juga termasuk momen yang langkah dan sangat susah didapat , karena bisa dilihat kategori Ultimate Experience pun habis dalam hitungan menit.

Tak hanya konser dari artis luar saja , konser regional pun banyak juag diminati oleh kalangan muda saat ini misalnya , Mahalini,Tiara Andini ,Tulus,dan deretan artis Indonesia lainnya juga kerap mengalami fenomena yang sama yang dimana penontonnya sampai membludak dan sampai sampai menggunakan jasa joki demi mendapat harga yang murah . Jadi jangan salah fenomena konser ini membawa dampak baik bagi penikmat konser yang membuatnya mendapat hiburan dan baik untuk psikis juga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image