Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Peran Artificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Pembelajaran di Perguruan Tinggi

Teknologi | Sunday, 28 May 2023, 11:28 WIB

Dalam dunia Pendidikan formal, kurikulum dianggap sebagai poin utama dalam tercapainya suatu kesuksesan nelajar. Seiring berkembangnya zaman, kurikulum terus mengalami perubahan karena adanya transformasi digital yang membuat perubahan pola dalam dunia pendidikan. Dengan adanya bantuan teknologi Artificial Intelligence ini, setelah Mahasiswa lulus, diharapkan Mahasiswa sudah memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Dengan diadakan pengembangan kurikulum, maka diharapkan juga dapat meningkatkan tingkat kualitas pendidikan yang lebih baik.

Lembaga Pendidikan khususnya universitas merupakan sebuah wadah berlangsungnya sebuah proses belajar-mengajar. Dunia Pendidikan terbagi dalam 2 aspek, yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal. Dalam dunia pendidikan formal, kurikulum dianggap memiliki tugas utama dalam mencapai kesuksesan belajar (Purwakarta Digital Network, 2022).

Dengan selalu adanya perkembangan zaman, kurikulum terus mengalami perubahan karena adanya Transformasi Digital yang membuat perubahan paradigma dalam dunia Pendidikan. Kurikulum memuat materi berupa kumpulan bahan pembelajaran yang nantinya dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan hasil akhir pendidikan yang unggul. Materimateri tersebut juga memiliki beberapa kriteria yang harus terpenuhi, yaitu: disesuaikan dengan perkembangan siswa-siswi saat ini, disesuaikan dengan informasi yang bisa diperiksa kebenarannya, serta dapat mendukung untuk mencapai tujuan akhir dari pendidikan (Siswoyo, 2007).

Maka diperlukan inovasi baru untuk mengembangkan kurikulum dengan cara yang dapat langsung menyesuaikan dengan kelangsungan proses belajar mengajar engan bantuan teknologi Artificial Intelligence. Dengan adanya bantuan teknologi AI, diharapkan dapat membantu Mahasiswa untuk lebih mudah mencari informasi terkait materi pembelajaran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image