Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Vika Narda Davina Ariibah

Forgery: Maraknya Overclaim terhadap Skincare

Lainnnya | Saturday, 27 May 2023, 01:15 WIB
https://images.app.goo.gl/Wpm3FT4jG7e862nW9" />

Skincare adalah bentuk perawatan kulit yang bertujuan merawat kesehatan dan kecantikan kulit penggunanya. Menjaga kesehatan kulit tidak hanya cukup dari menjaga makanan yang dikonsumsi, merawat kulit dari luar juga perlu dilakukan agar hasil lebih maksimal. Selain menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh, skincare juga dapat memperbaiki masalah jerawat, bintik hitam, keriput, dan masih banyak masalah kulit lainnya. Sebelum menerapkan skincare demi menjaga kesehatan kulit wajah, tentu saja tidak lengkap apabila kita tidak mengetahui kandungan yang ada dalam skincare. Apa saja kandungan tersebut hingga dapat merawat kesehatan kulit wajah yang sering terpapar oleh sinar matahari? Apakah formula di dalam skincare benar-benar menstimulasi kulit wajah?

Skincare memiliki banyak jenis dalam penggunaannya dan tentu saja setiap skincare memiliki kandungan yang berbeda. Mari bahas satu persatu dengan mengetahui jenis-jenis skincare yang wajib untuk digunakan. Skincare pertama ada pembersih wajah yang memiliki kandungan surfaktan yang berfungsi agar air dapat membilas penumpukan kotoran dan keringat. Setelah penggunaan sabun cuci muka, tidak lupa dalam penggunaan toner wajah. Fungsi dari toner wajah adalah mengangkat sisa-sisa kotoran yang belum terangkat ketika proses mencuci muka. Selain itu, toner wajah juga berfungsi untuk menaikkan pH kulit yang hilang akibat dari tahap mencuci muka. Tahap selanjutnya adalah penggunaan pelembab dan sunscreen.

Tinggi Konsumen

Lantas dari banyaknya skincare yang digunakan apakah berakibat meningkatnya produk yang harus di produksi? Tentu saja. Akibat dari hal tersebut, banyak sekali overclaim yang terjadi karena tingginya tingkat kebutuhan konsumen. Banyak produk kecantikan yang harusnya mendapatkan BPOM dan disarankan untuk penggunaannya malah tergantikan oleh produk abal-abal. Apakah sebuah penyuluhan terkait skincare harus tetap dilakukan walaupun banyak juga promosi produk overclaim yang harus dimusnahkan? Hal itu dapat dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan bagaimana cara memilih produk skincare yang benar. Mulai dari kandungan apa yang harus dipenuhi oleh wajah? Apakah produk telah BPOM? Apakah harga yang di bandrol sudah sesuai dengan kandungan pada skincare? Apakah harga ini hanya sebuah ilusi dari produk overclaim?

Memilah Produk Overclaim

Cara paling mudah untuk mengenali produk overclaim dapat dilihat dari bentuk kemasan yang berbeda dengan aslinya. Meskipun segel produk dapat dimanipulasi, tetapi keaslian bentuk produk masih dapat dibedakan dengan baik. Cara yang kedua yaitu melihat label BPOM. Apakah benar produk yang kalian beli ini sudah terdaftar di BPOM? Lihat pada produk di kemasan. Jika tidak ada, maka itu adalah produk overclaim yang dibuat demi menguntungkan sang penipu. Selain pandai merawat kulit, kalian juga harus pandai dalam memilah manakah produk yang tepat untuk perawatan kulit. Banyak jenis skincare dan juga banyak sekali bentuk dari duplikat produk aslinya. Pintar-pintar lah memilah dan memilih sebelum membeli agar terhindar dari kekecewaan yang abadi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image