Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Hadapi Emosi Negatif dan Stress dengam Bijak

Eduaksi | Friday, 26 May 2023, 12:48 WIB
sumber:https://pin.it/5nuH31r

Setiap orang pasti memiliki masalah masing-masing, baik masalah kecil maupun besar, misalnya terkait cinta, pekerjaan atau bahkan keuangan. Ada solusi berbeda untuk semuanya, dan tentu saja tidak ada jalan lain. Masalahnya tidak mudah dipecahkan, tetapi harus dicari solusi untuk semua ini.

Hal terpenting yang dapat dilakukan saat menghadapi masalah adalah tetap tenang. Seringkali hal ini diabaikan, padahal jiwa yang tenang bisa memunculkan pikiran positif. Ketika masalah muncul, tidak jarang orang menjadi stres dan mengekspresikan emosi negatif, yang justru memperburuk keadaan.

Penanganan emosi dan stres yang tidak tepat menimbulkan masalah baru dalam kehidupan seseorang, seperti trauma atau penyakit yang mengganggu kejiwaan orang tersebut. Oleh karena itu, pengelolaan harus dilakukan dengan baik, dimulai dengan kepastian dan mencari solusi untuk memecahkan masalah.

Misalnya, ketika seseorang putus cinta, dia menangis dan marah, membuat orang di sekitarnya merasa terganggu. Setiap hari dia semakin terpuruk karena tidak bisa menerima kenyataan. Kondisi ini berujung pada masalah kesehatan lain seperti insomnia, depresi, penyakit jantung bahkan kanker akibat gaya hidup yang tidak sehat. Salah satu fase menenangkan diri adalah mengungkapkan apa yang dia rasakan, berdasarkan keadaannya saat ini, keinginannya yang sebenarnya, bahkan jika nanti dia mengetahui solusi untuk masalahnya sendiri. Jika Anda berada dalam situasi seperti itu, bicarakan dengan orang terdekat atau tuliskan di buku catatan pribadi.

Langkah ini merupakan langkah yang tepat untuk mengendalikan emosi negatif dan stres, tentunya agar terhindar dari penyakit serius. Jangan menghindari masalah karena semakin dihindari, semakin besar dan rumit jadinya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image