Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syarifah Camellia

Apakah dengan Berwirausaha Dapat Membuat Indonesia Menjadi Negara Maju?

Ekonomi Syariah | Thursday, 25 May 2023, 19:36 WIB
Sumber : Pintres

Menjadi negara yang memiliki populasi terbesar ke-4 di dunia, membuat Indonesia mempunyai potensi besar untuk mengembangkan bidang kewirausahaan dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonominya. Sebab, negara-negara maju saat ini bisa menjadi negara maju karena mereka didukung oleh pertumbuhan usaha kecil dan menengah atau UMKM, contohnya seperti Korea, China, dan Jepang yang memiliki banyak usaha-usaha kecil (Home Industry).

Indonesia akan menjadi negara maju jika mempunyai 2% kewirausahaan kelas atas dan 20% wirausahawan kelas menengah dan kecil atau UMKM dari jumlah penduduk yang ada. Dan usaha-usaha kecil menengah itu tidak hanya dimiliki oleh segelintir orang saja, tetapi dimiliki oleh masyarakat secara merata.

Oleh karena itu, jika Indonesia ingin mencapai hal tersebut, maka pemerintah perlu menyediakan fasilitas dan kemudahan dalam pendirian usaha kecil dan menengah atau dapat disebut UMKM. Dan tentu masyarakat wajib berkontribusi dalam hal ini, yaitu dengan membuka dan menjalankan kegiatan kewirausahaan. Pada saat ini, masyarakat sudah mulai banyak membuka kewirausahaan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, yaitu dibuktikan dengan banyaknya ditemukan onlineshop di sosial media.

Lalu, seberapa pentingnya berwirausaha?

Pentingnya berwirausaha bisa dilihat dalam beberapa aspek, diantaranya :

 

  1. Meningkatkan pendapatan nasional

Jika pemerintah membina dan mendampingi UMKM-UMKM yang ada untuk tumbuh dan berkembang pesat, maka secara tidak langsung pendapatan nasional akan meningkat melalui pajak yang dibayarkan oleh para pemilik UMKM.

 

  1. Indonesia memiliki penduduk yang beragama Islam terbesar di Dunia

Di Islam sendiri, telah menganjurkan umatnya untuk berwirausaha sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Ahmad yang berbunyi, “Perhatikan olehmu sekalian tentang perdagangan, sesungguhnya di dunia perdagangan itu ada sembilan dari sepuluh pintu rezeki” Selain itu, Rasulullah saw. Juga turut mencontohkan berwirausaha pada saat beliau masih hidup. Maka dari itu, jika para umat Islam terutama para pemuda Islam banyak yang berfokus di bidang kewirausahaan dan ingin menerapkan apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw. Maka dapat membantu Indonesia menjadi negara maju dan mengurangi kemiskinan dan pengangguran di Indonesia serta menjadikan bidang kewirausahaan menjadi ladang pahala dan mampu menciptakan suasana berdagang yang tentram.

 

  1. Semakin banyaknya masyarakat yang berwirausaha, mendorong Indonesia menjadi negara maju

Negara-negara maju di Asia seperti China dan Korea dapat menjadi negara maju seperti saat ini, dikarenakan mereka memiliki kewirausahaan kelas atas sebanyak 2%, sedangkan wirausahawan menengah dan kecil sebanyak 20%. Jika diperkirakan penduduk Indonesia sebanyak 245 juta orang, maka Indonesia memerlukan 2% x 245 juta = 4.900.000 wirausahawan kelas atas dan 20% x 245 juta = 49.000.000 wirausahawan menengah kecil. Tetapi, realitanya wirausahawan di Indonesia masih tergolong kecil yang menimbulkan jurang bagi si kaya dan si miskin. Maka dari itu, hal ini perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi dan untuk mencapai hal tersebut perlu adanya kerjasama antar masyarakat dan pemerintah dalam menjalankan hal yang ingin dicapai ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image