Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yang Gisella P.S.

Budaya FOMO Membeli Tiket Konser ColdPlay Merajalela, Berujung Menjadi Calo

Info Terkini | Wednesday, 24 May 2023, 11:18 WIB

Fomo atau nama lainnya Fear of Missing Out merupakan ketakutan tertinggal informasi atau momen di media sosial. Istilah FOMO dikemukakan oleh Patrick Mc Gannis dalam artikel yang berjudul "Social Theory of HBS: McGinnis' Two FOs". Rasa takut ketika merasa tertinggal karena tidak mengikuti aktivitas tertentu, sebuah perasaan cemas dan takut yang timbul di dalam seseorang akibat ketinggalan sesuatu yang baru seperti berita, tren, dan lain-lain.

Seperti halnya dengan konser ColdPlay yang akan tampil di Jakarta pada tanggal Rabu, 15 November 2023. Hal ini menyebabkan masyarakat Indonesia mengalami fenomena FOMO yang mana orang-orang berebut membeli booking tiket konser ColdPlay yang open presale pada hari Rabu, 17 Mei 2023 berakhir ludes dalam waktu 2 hari dimana public on sale tiket konser tersebut keluar pada hari Jum'at, 19 Mei 2023.

Akan tetapi, fenomena ke-fomoan ini mengakibatkan banyaknya seseorang yang menjadi calo akibat iseng-iseng mencoba ikut booking tiket konser tersebut, ada yang membeli 4 tiket konser adapula yang membeli puluhan tiket konser dari berbagai seat atau CAT yang tersedia kemudian dijual kembali lalu dipromosikan ke akun sosial media mereka.

Lantaran hal tersebut membuat geram para masyarakat yang benar-benar ingin menonton konser tetapi kalah war atau saing oleh orang-orang fomo dalam membeli tiket konser Coldplay. Seperti salah satu warganet Twitter yang memprotes atau merasa jengkel oleh salah seorang fomo yang ia temukan di salah satu akun media sosial Instagram yang dilansir di Twitter pada tweet @Areloghy.

Sumber dari akun Twitter: @Areloghy

"Disaat gue kalah war tiket ColdPlay, bisa-bisanya orang ini jual tiket segini dengan jumlah tiket yang lumayan banyak. Pengen berkata kasar ????????" bunyi cuitan @areloghy, dikutip Rabu (24/5/2023). Kutipan sudah disesuaikan dengan ejaan yang benar. Sebagai informasi, sudah mendapatkan izin untuk mengutip cuitan tersebut.

Tidak lama berselang, seorang netizen lainnya ikut mengomentari rasa jengkelnya ke kolom komentar postingan tweet yang @Areloghy bagikan di Twitter.

Anjir sold out pula” bunyi komentar akun @be_****.

"Gw ga suka Coldplay tapi orang kek gini ini contoh sampah masyarakat 11 12 ama koruptor" bunyi komentar akun @ain****.

"Kalo diliat ya mah orang mampu ya, tp maruk! Jadi yg lg nyari tiketnya, mending jangan beli di dia atau calo yg lain dah! Beli OTS pas udah main 1-2 lagu, kalo mereka masih jual jg paling dikasih harga normal atau setengah harga" bunyi komentar akun @Das****.

"Ada gak undang-undang yg bisa dipake buat mempidanakan calo gini? Nanya beneran" bunyi komentar akun @far****.

Ada juga salah satu komentar dari tweet @Areloghy ini yang membagikan hasil tangkapan layar salah satu Putri Indonesia yang menjadi calo karena menjual beberapa tiket konser melalui orang dalam.

Ini juga hahaha 100 tiket dari orang dalam ???? najis najis. Emang belum cocok Coldplay konser di Indonesia yang penuh kebusukan ini ????” bunyi komentar akun @hen****.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image