Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Dahsyatnya Manfaat Biji Buah Pepaya untuk Kesehatan

Eduaksi | Wednesday, 24 May 2023, 09:45 WIB

Solo – Buah pepaya merupakan buah favorit yang disukai dinegara Tropis termasuk Indonesia. Selain rasanya yang manis dan enak, tekstur buah Pepaya yang empuk serta tidak keras menjadi daya tarik bagi penikmatnya dinegara Indonesia. Buah yang berasal dari negara Amerika Serikat dan Meksiko ini sangat tumbuh subur dinegara Indonesia. Selain tanamannya yang mudah tumbuh subur juga buah ini sangat bergizi. Buah pepaya memiliki nama latin dengan sebutan Carica Papaya. Harga rata – rata buah Pepaya di Indonesia per kilo adalah sekitar Rp.12.000,-.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika melakukan edukasi buah pepaya bagi anak/Foto : Dokpri

Selain rasanya yang enak, buah pepaya juga memiliki khasiat manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat buah pepaya antara lain : baik untuk pencernaan, menurunkan berat badan, baik untuk penderita diabetes, meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi radang sendi, mengurangi stres, mengurangi nyeri haid, mencegah kanker dll.

Selain buahnya ternyata biji dari buah pepaya juga bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Banyak yang tidak paham bahwa ketika membersihkan buah pepaya juga membuang biji dari buah Pepaya. Padahal biji buah pepaya menurut penelitian sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia.

Biji buah pepaya mengandung enzim yang disebut dengan papain dimana untuk enzim ini sangat baik untuk saluran pencernaan pada manusia. Biji buah pepaya juga mengandung asam oleat, dimana bisa menurunkan kandungan kolesterol jahat (LDL) pada tubuh manusia. Manfaat yang lainnya biji buah Pepaya bisa bertindak sebagai kontrasepsi alami yang bertindak meminimalisasi kesuburan pria.

Meski bentuknya kecil tetapi biji buah Pepaya juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker serta memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan yang bisa mengatasi masalah bengkak, peradangan dan arthritis didalam tubuh. Biji buah pepaya juga bisa menghilangkan cacing atau bakteri didalam usus, dimana biji buah pepaya bisa membunuh beberapa bakteri seperti Salmonella dan bakteri penyebab tipus, demam berdarah atau infeksi virus lainnya. Ketika kita mengkonsumsi secara rutin biji buah Pepaya maka bermanfaat juga untuk menyembuhkan penyakit sirosis hati dan mendukung kesehatan organ ginjal pada manusia.

Dosen Spesialis Medikal bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa meskipun biji buah pepaya memiliki manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan tubuh manusia, tetapi kita harus bisa melakukan cara mengolahnya supaya bisa dikonsumsi. Dikarenakan apabila dimakan secara langsung, rasa dari biji buah Pepaya ini sangatlah pahit sehingga bisa merangsang untuk mual. Sehingga cara konsumsi yang tepat adalah dihancurkan dengan ditumbuk atau diblender kemudian dicampur dengan jeruk nipis atau daging buah lain seperti melon ataupun pepaya yang bertujuan meminimalisasi rasa pahit yang luar biasa. Selain itu cara dengan menelan langsung biji buah pepaya juga bisa dilakukan untuk mencegah rasa pahit yang bisa menyebabkan mual. *Red

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image