Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aldi Novaryan

Apa Itu Kota Bontang?

Info Terkini | Tuesday, 23 May 2023, 21:54 WIB
Kota Bontang Tampak Dari Atas

Kota Bontang, Ialah sebuah Kota kecil indah yang terletak di Kalimantan timur. Sejarah singkat Kota ini awalnya muncul dari sebuah desa kecil di daerah aliran sungai dan terus berkembang di bawah kepemimpinan para tetua adat hingga menjadi sebuah desa dan kemudian menjadi sebuah kecamatan, dengan desa Bontang sendiri menjadi ibu kota kecamatan tersebut. yang saat itu masih bernama kecamatan van Bontang dan dijalankan oleh asisten Wedana Kutai di bawah pemerintahan otonom Kesultanan Kertanegara.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 27 Tahun 1959 tentang Pembentukan Pemerintahan Tingkat II di Provinsi Kalimantan Timur, pada tanggal 21 Januari 1960, dalam sidang DPRD, otonomi Kesultanan Kutai Kertanegara dialihkan ke pemerintahan Kutai Kertanegara.

Dengan berkembangnya administrasi, Kecamatan Bontang berkembang menjadi kotamadya administratif Bontang di bawah kepemimpinan walikota eksekutif, Dr. B. Ishak Karem. Perkembangan tata kelola tidak terlepas dari adanya kegiatan ekonomi terpenting, yaitu eksplorasi sumber daya alam seperti minyak dan gas bumi dan selanjutnya penambangan batubara. Sejak disahkannya Undang-Undang Nomor 47 Tahun 1999, Bontang menjadi pemerintahan kota seluas kurang lebih 497,57 km2, secara geografis terletak pada 0,137°LU dan 117,5°BT, berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur. Di sebelah utara dan barat berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kertanegara di selatan dan Selat Makassar di timur.

Perkembangan sejarah kota-kota tersebut tidak terlepas dari lahirnya tiga perusahaan utama secara bertahap, yaitu PT. Badak-NGL menangani pengelolaan gas bumi, PT. Pupuk Kalimantan Timur yang memproduksi pupuk dan amoniak, serta PT. Indominco Mandiri yang bergerak di bidang pertambangan batubara dan usaha sinergis dan simbiosis lainnya, membidik industri, jasa dan perdagangan yang berkembang pesat dengan arah strategis pengelolaan Kota Bontang.

Seiring waktu, Kota Bontang telah menerima banyak penghargaan di tingkat nasional, termasuk Adipura dan lainnya, dan di tingkat internasional, termasuk MDGs Award. Motto Kota Bontang adalah Kota TAMAN yang berarti Tertib, Religius, Mandiri, Aman dan Nyaman, sebuah ungkapan sederhana yang mudah dipahami dan diimplementasikan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Dari data sensus tahun 2015 berdasarkan data kependudukan Dinas Kependudukan Kota Bontang, jumlah penduduk kota Bontang adalah 161.349 orang.

Pada tanggal 21 Januari 1960, berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1959, dalam sidang khusus DPRD Istimewa Kutai, Kesultanan Kutai dibubarkan dan sebagai gantinya dibentuklah Daerah Kabupaten Kutai II yang terdiri dari tiga kecamatan. Salah satu kecamatannya adalah Bontang yang terletak di Bontang Baru modern dan mencakup beberapa desa, yaitu Desa Bontang, Desa Santan Ulu, Desa Santan Ilir, Desa Santan Tengah, Desa Tanjung Laut, Desa Sepaso, Desa Tabayan Lembab, Desa Tepian Langsat dan Desa Keraita.

Bontang mengalami pertumbuhan yang pesat dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini mulai terlihat sejak tahun 1975 setelah pemerintah pusat menetapkan Kabupaten Bontang sebagai kawasan industri, yang memulai pembangunan Kilang Gas PT Badak pada tahun 1974 yang mengelola industri gas bumi. Dan tiga tahun kemudian, berdirilah PT Pupuk Kaltim yang mengelola industri pupuk dan amoniak. Dengan kemajuan yang begitu pesat karena pembangunan sarana dan prasarana di tingkat nasional bahkan internasional. Pemerintah kabupaten mempertimbangkan untuk meningkatkan status Bontang dari kabupaten menjadi kota administratif yaitu Surat Keputusan Pemerintah No. 20 Tahun 1989 yang dipimpin oleh Dr. H. Ishak Karim dan dilanjutkan oleh Dr. H. Fach selaku pelaksana Pemerintahan Murnid. Dan Ahkirnya bontang resmi berdiri menjadi Kota dan memisahkan diri dari kutai kartanegara dan berdiri menjadi kota pada tanggal 12 Oktober 1999 dan sekarang sudah berusia 23 Tahun.

Ekonomi di kota bontang juga sangat besar potensinya dan juga berkembang pesat. Lapangan pekerjaan disini sangat banyak dan bahkan 2 perusahaan utama kota bontang yaitu Pupuk Kaltim dan Gas Badak LNG menggendong per-ekonomi an Indonesia, selain perusahaan penghasil pupuk dan gas alam ini ada juga perusahaan pengolah batu bara yaitu Pama Indominco mandiri. Perusahaan pupuk kaltim dan badak lng ini sangat membantu dan turut andil dalam pembangunan dan perekonomian kota bontang. Bahkan mengutip data dari BPS 2021, menggunakan PDRB per kapita, yang dimana total pendapatan dibagi jumlah penduduk masing-masing kota dalam 1 tahun. Kota Bontang menduduki peringkat 2 Nasional dengan nilai 320,44 Juta.

Bontang Juga Terkenal Wisatanya yang sangat terkenal dan sangat indah. Yang paling terkenal dan ramai adalah Pulai Beras Basah dengan pasir putihnya yang cantik dan pulau kecil ditengah laut bontang di perbatasan selat makassar. Selain itu juga ada pulau unik yang saat malam menghilang tenggelam dan saat siang muncul di permukaan yaitu pulau segajah. Di darat juga banyak sekali wisata terutama wisata alamnya. Bahkan ada 3 wisata Hutan mangrove berbeda. Ada mangrove salebba Bontang, mangrove berbas Bontang, dan mangrove BSD Bontang. Selain itu juga ada kampong di atas laut yang terkenal yaitu bontang kuala. Dan masih banyak lagi wisata lainnya yang ada di kota bontang

Menurut kesimpulan saya, Kota Bontang ini adalah kota ternyaman yang saya tempati. Saya beruntung lahir dan besar di kota ini. Walaupun kota ini kecil tetapi sudah sangat maju dan berkembang pesat. Sudah memiliki mall dan banyak gerai gerai terkenal. Wisata alamnya juga beragam. Kota nya juga masih asri hutan hijaunya sehingga masih asri dan segar serta sejuk walau kotanya berada sangat dekat dengan garis khatulistiwa. Dan uniknya kota ini tidak pernah kemarau panjang dan tiap minggunya selalu ada hujan. Kota bontang memang terbaik dan nyaman untuk ditinggali.

Ditulis Oleh : Aldi Novaryan

141221079

Fakultas Ekonomi Dan business, Ekonomi Pembangunan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image