Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Misi Astronaut Ax-2 Bereksperimen Tentang Fisiologi dan Fisika di ISS

Info Terkini | Tuesday, 23 May 2023, 17:39 WIB
Misi astronaut Ax-2 berhasil menambat ke ISS (foto:ANTARA/Xinhua/SSDarindo)

Dikabarkan, sebuah pesawat luar angkasa Dragon milik SpaceX, yang diawaki oleh 4 astronaut swasta, berhasil melakukan penambatan di Stasiun Luar Angkasa International Space Station/ISS Internasional pada Senin (22/5). Para awak menambat ke ISS pada Senin pukul 09.12 Eastern Time atau pukul 20.12 WIB.

Pesawat yang mengangkasa dari Kompleks Peluncuran 39A di Kennedy Space Center milik NASA di Florida, Amerika Serikat (AS), bertolak pada pukul 17.37 Eastern Time atau Senin pukul 04.37 WIB.

Dikutip dari Antara, misi astronaut swasta ini merupakan misi yang kedua Axiom Space ke ISS setelah misi pertamanya pada 2022. Pesawat Dragon dalam misi dengan nama sandi Ax-2 diawaki oleh komandan misi Peggy Whitson dan pilot John Shoffner dari AS, serta dua spesialis misi, yakni Ali Alqarni dan Rayyanah Barnawi dari Arab Saudi.

Mereka, para awak Dragon dijadwalkan akan menghabiskan waktu sekitar 8 hari di ISS dan melakukan lebih dari 20 eksperimen terkait fisiologi manusia dan ilmu fisika untuk membantu memperluas pengetahuan demi memberikan manfaat bagi kehidupan di Bumi, misalnya dalam bidang perawatan kesehatan, material, dan pengembangan teknologi, serta mengupayakan kemajuan industri.

Keempat astronaut diperkirakan akan bertolak dari ISS pada 30 Mei untuk kembali ke Bumi dan mendarat di lokasi pendaratan yang ada di lepas pantai Florida. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image