Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image sari tika

Tips Bagi Orang Tua Baru Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

Gaya Hidup | Tuesday, 23 May 2023, 14:21 WIB
Sumber: Freepik

Bagaimana cara membuat bayi tidur nyenyak saat malam hari? Acapkali para orang tua baru kesulitan membuat bayi mereka tidur nyenyak saat malam hari. Banyak orangtua baru yang mengeluh anak mereka rewel sepanjang malam dan malah membuat para orang tua baru bingung kemudian stress menghadapinya.

Namun tetap tenang Moms and Dad, dalam artikel ini akan dibahas solusi bagi para orang tua baru agar bayinya tidur nyenyak di malam hari. Yuk simak penjelasnnya di bawah ini!

Tips Agar Bayi Tidur Tenang di Malam Hari

Tips yang dapat Anda terapkan agar bayi dapat tidur nyenyak di malam hari yang pertama adalah memberikan ketenangan, mengatur pencahayaan kamar, memastikan tubuh bayi tetap hangat, mengajak bayi aktif di siang hari, serta jangan langsung meninggalkan bayi saat dia baru tertidur. Penjelasan lebih lengkapnya ada dalam tulisan di bawah ini.

1. Beri Ketenangan

Agar anak nyenyak tidur di malam hari bisa Mom and Dad pertama-tama adalah menenangkan si bayi, bisa dengan mendendong sebelum tidur atau memberikan pijatan lembut pada tubuh bayi. Moms and Dad bisa juga memakai produk dari Habbie Aromatic Oil untuk memijat si kecil. Hal ini bisa membuat bayi lebih tenang saat akan tidur di malam hari.

2. Atur Pencahayaan Kamar

Selain memberi ketenangan pada bayi. Agar bayi tidur nyenyak di malam hari, Mom dan Dad juga perlu mengatur intensitas cahaya kamar. Menurut Elizabeth Pantley, Mom and Dad harus menyesuaikan kebiasaan tidur bayi karena beberapa bayi butuh ketenangan lebih atau suasana gelap, sementara yang lain justru ingin terang. Jadi jangan sampai salah ya!

3. Pastikan Tubuh Bayi Hangat

Membuat tubuh bayi hangat dengan memberikan minyak telon penghangat serta beraroma yang menenangkan akan merelaksasi bayi dan menghilangkan kecemasan si bayi. Mom and Dad bisa memilih Habbie Aromatic Oil Series Tea atau Flower untuk menghangatkan dan menghilangkan rasa cemas bayi dengan aromanya yang super calming dan soft.

4. Ajak Bayi Lebih Aktif di Siang Hari

Aktivitas siang hari akan membuat bayi lebih nyenyak tidur di waktu malam. Mom and Dad bisa mengajak melakukan senam bayi (bayi gym) atau juga bisa mengajak bayi untuk latihan berenang atau aktivitas ringan lain. Aktivitas siang hari akan membuat bayi kurang bersemangat saat akan tidur dan membantunya tidur lebih nyenyak di malam hari.

5. Jangan Langsung Pergi

Saat bayi terbangun dan sudah mulai teridur, jangan langsung pergi dari kamar, biarkan beberapa saat supaya bayi tetap menyadari keberadaan Mom and Dad. Tepuk-tepuk punggung bayi agar tetap tenang.

Nah itu tadi tips yang dapat diberikan agar bayi tidur tenang di malam hari. Moms dan Dad bisa langsung mempraktikannya ke bayi saat rewel di malam hari! Telon Habbie bisa Moms dan Dad dapatkan di website habbie.co.id atau marketplace kesayangan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image