Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Jenderal TNI AD Luncurkan Buku Tentang Leadership

Info Terkini | Tuesday, 23 May 2023, 13:05 WIB
Launching dan Bedah Buku karya KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Humas dan Protokol UAD)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi tuan rumah dalam gelaran Launching dan Bedah Buku Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman berjudul Gaya Kepemimpinan Strategis dan Green Human Resource Management dalam Membangun Team Work. Acara yang berlangsung di Amphitarium Kampus IV UAD pada Senin, 22 Mei 2023 ini bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) dan dihadiri oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si. beserta jajarannya.

Hadir pula Komandan Kasdam IV Diponegoro Brigadir Jenderal TNI Ujang Darwis, Korem 072 Pamungkas Brigadir Jenderal TNI Joko Purnomo, Ketua Badan Pembina Harian UAD Prof. Dr. Marsudi Triatmojo, Rektor UAD Dr. Muchlas M.T. beserta jajarannya, dan segenap tamu undangan. Dosen Fakultas Hukum UAD Dr. Drs. Immawan Wahyudi, M.H. serta Sekretaris Lembaga Kajian dan Kemitraan Strategis PP Muhammadiyah Dani Setiawan, M.Si., turut membersamai sebagai pembahas yang dimoderatori oleh seorang jurnalis profesional, Nitia Anisa.

Jenderal Dudung mengatakan buku yang mengulas secara mendalam tentang gaya kepemimpinan strategis antara pemimpin dengan anak buah pada suatu kerja sama di dalam suatu organisasi ini, merupakan hasil penelitian disertasinya. Tepatnya saat ia menempuh program Doktor Ilmu Ekonomi Konsentrasi Strategic Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti 2022 lalu.

“Munculnya gagasan untuk menyusun disertasi dengan tema kepemimpinan strategis ini tidak bisa dilepaskan dari kiprah dan pengalaman saya di dunia militer. Atas pengalaman tersebut saya menyadari betapa pentingnya gaya kepemimpinan dan manajemen sumber daya manusia untuk mendukung tujuan organisasi,” paparnya.

Sebagai seorang pemimpin, Jenderal Dudung berusaha mengedepankan nilai-nilai keterbukaan, kejujuran, kebersamaan dengan landasan disiplin dan kehormatan dalam bingkai kepasrahan aktif kepada petunjuk Allah Swt.

Ia menjelaskan, bahwa gaya kepemimpinan strategis yaitu kemampuan seseorang untuk mengantisipasi, mempertahankan fleksibilitas, berpikir secara strategis, dan bekerja dengan orang lain. Hal tersebut penting untuk membangun lingkungan yang kondusif sekaligus untuk memulai perubahan yang akan menciptakan masa depan yang baik bagi organisasi.

Dalam sesi bedah buku, Dani Setiawan berpendapat bahwa yang menarik dari buku berisi 205 halaman ini jika diperhatikan secara detail, Jenderal Dudung bukan hanya memiliki keahlian khusus dalam bidang pertahanan atau ketentaraan, tetapi juga punya minat khusus terhadap bidang ekonomi.

Sementara itu, Haedar Nashir dalam sambutannya menyebut bahwa buku yang ditulis oleh KASAD TNI AD tersebut dapat membangkitkan nilai-nilai positif bagi kehidupan. “Mudah-mudahan dengan adanya buku dari Pak KASAD ini, bukan hanya dipelajari tetapi juga disebarluaskan menjadi state of mind para pimpinan daerah hingga pimpinan politik membawa Indonesia dengan kepemimpinan strategis,” kata Haedar. (eka)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image