UII Gelar Lomba Video Dakwah dan Kaligrafi Tingkat Nasional

News  
Peserta lomba kaligrafi di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar Lomba Video Dakwah dan Kaligrafi berskala nasional, Senin (22/5/2023). Sebanyak 140 peserta lomba video dakwah secara visual atau dalam jaringan (Daring), dan 82 peserta lomba kaligrafi secara luar jaringan (Luring) di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir, Kampus Terpadu UII.

Selain itu, juga dilaksanakan Bincang Seni Budaya Islam bertema 'Tantangan dan Masa Depan Seni Kaligrafi di Era Teknologi Digital.' Bincang Seni Budaya Islam ini menampilkan pembicara Ustadz Didin Sirojuddin, Pengasuh Pondok Quranic Calligraphy Sukabumi; Ustadz Robert Nasrullah, Perupa Internasional, Pengelola Pusat Studi Kaligrafi UIN Sunan Kalijaga; dan Dr Ir Revianto Budi Santosa, M Arch, Ketua Program Studi Arsitektur Program Magister UII.

BACA JUGA : UGM Undang Gus Mus Ikuti Festival Budaya dan Seni Rupa

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Panitia Kegiatan Rifqi Sasmita Hadi SE, MM peserta dari kalangan generasi muda, terutamanya pelajar SMA sederajat dan mahasiswa jenjang Sarjana. Pendaftaran dilaksanakan 14 April-10 Mei 2023 dan peserta yang memenuhi syarat sebanyak140 peserta lomba video dakwah dan 82 peserta lomba kaligrafi.

"Peserta tersebut tidak hanya berasal dari lingkup regional Jawa Tengah dan DIY, tetapi seluruh Indonesia. Bahkan ada yang berasal dari Pulau Sumatra, Kalimantan, hingga Sulawesi dan Nusa Tenggara. Ini menunjukkan bahwa daya kreativitas generasi muda tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air," kata Rifqi.

BACA JUGA : UNY dan Swinburme University Malaysia Jajaki Kerjasama Akademik

Rifqi menambahkan, kegiatan lomba dimulai sejak Bulan Ramadan 1444 H. Kegiatan ini diharapkan dapat menghidupkan kreativitas di bidang seni dan budaya di kalangan generasi muda. Selain itu, kegiatan perlombaan ini juga dilaksanakandalam rangkaian Milad ke-80 UII.

Lomba yang mengusung tema 'Menjemput Cahaya, Merengkuh Ketakwaan' kegiatan ini diharapkan mendorong generasi muda untuk menunjukkan karya terbaik tanpa menghapus nilai ketakwaan. Penilaian karya dilakukan dewan juri yang berkompeten di bidangnya.

Mereka berasal dari kalangan akademisi, praktisi, dan seniman. UstadzZaky Ahmad, SHI, MH, Aktivis Dakwah, Penulis Buku, Influencer; M Atiatul Muqtadir, Founder Beriperubahan; dan Nadia Wasta Utami, SIKom, MA, Kepala Divisi Pengembangan Media & Riset Direktorat Pemasaran UII. (*)

BACA JUGA : 'Manunggaling Rebana' Gaungkan Lagu Islami Langgam Jawa di Kampus

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image