Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image muhammad rohim

Air Terjun Purba Tirai Bidadari, Destinasi Wisata Baru Kabupaten Probolinggo

Wisata | Monday, 22 May 2023, 14:26 WIB

Kabupaten Probolinggo adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kecamatan Kraksaan Kota. Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Kabupaten ini dikelilingi oleh pegunungan Tengger, Gunung Semeru, dan Gunung Argopuro.

Kabupaten Probolinggo mempunyai semboyan "Prasadja Ngesti Wibawa". Makna semboyan: Prasadja berarti: bersahaja, blaka, jujur, bares, dengan terus terang, Ngesti berarti: menginginkan, menciptakan, mempunyai tujuan, Wibawa berarti: mukti, luhur, mulia. "Prasadja Ngesti Wibawa" berarti: Dengan rasa tulus ikhlas (bersahaja, jujur, bares) menuju kemuliaan.

Dilihat dari geografisnya, Kabupaten Probolinggo terletak di lereng pegunungan yang membujur dari Barat ke Timur, yaitu gunung Semeru, Argopuro, Lemongan, dan pegunungan Bromo-Tengger. Selain itu, terdapat gunung lainnya seperti Gunung Bromo, Widodaren, Gilap, Gambir, Jombang, Cemoro Lawang, Malang dan Batujajar. Dilihat dari ketinggian berada pada 0-2500 m di atas permukaan laut dengan temperatur rata rata 27–30 derajat Celcius.

Berdasarkan letak geografis yang seperti itu, tak heran di Kabupaten Probolinggo sendiri banyak sekali keindahan alam yang terhitung jumlahnya. Oleh sebab itu sampai detik ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui program-program prioritas pendukung sektor wisata terus berupaya untuk mendorong masyarakat dan pemerintah desa agar lebih berperan aktif dan mandiri dalam pengelolaan dan pengembangan potensi wisata di wilayahnya.

Setelah booming air terjun Jaran Goyang dan air terjun Kalipedati di Kecamatan Krucil pada tahun 2019 yang lalu, ada satu lagi spot wisata air terjun yang bakal menyusul dan rupanya akan menjadi salah satu spot wisata andalan di Kabupaten Probolinggo.

Nama spot wisata tersebut adalah Air Terjun Purba Tirai Bidadari yang saat ini sedang populer bahkan masih terdengar asing di telinga kita semua. Air Terjun Purba Tirai Bidadari mungkin belum banyak diketahui orang, bahkan sampai saat ini namanya saja sangat jarang didengar. Hal ini tidak mengherankan pasalnya air terjun purba yang sejatinya berada di wilayah adminsitratif Desa Ranugedang Kecamatan Tiris ini sangat tersembunyi dan relatif sulit untuk di akses. Air Terjun Purba Tirai Bidadari terletak di Desa Ranugedang Kecamatan Tiris, tepatnya di Dusun Lalangan RT 01 RW 01, Desa Jangkang. Kita tidak dapat mengakses Air Terjun Purba Tirai Bidadari dengan mobil pribadi karena hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Menariknya air terjun yang mengucur langsung pada permukaan air sungai ini terbentuk dari 16 titik mata air yang berada pada puncak tebing. Aliran deras airnya yang mampu menembus tebing kemudian secara alami membentuk gugusan stalaktit dengan ukuran yang bervariasi sehingga menyerupai lorong panjang mirip goa. Belum ada penelitian lebih lanjut tentang perkiraan usia stalaktit ini, namun melihat ukuran dan panjangnya yang hampir menyentuh permukaan sungai diperkirakan proses alamiah ini telah berlangsung sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu.

Air Terjun Purba Tirai Bidadari termasuk bagian dari Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) dengan luas 36 hektare. Lokasi ini didominasi oleh hutan bambu dan vegetasi perintis yang juga berfungsi sebagai penguat kontur tebing sungai. Selain itu kawasan ini juga menjadi rumah bagi satwa liar seperti burung-burung dan primata. Bahkan, kita dapat secara leluasa melihat keluar masuknya ribuan kelelawar. Belum lagi penampakan bias-bias pelangi yang bisa dilihat pada setiap pagi dan sore hari ketika matahari sedang bersinar terang membuat kita betah berlama-lama di sana.

Meski terbilang baru, masyarakat bersama pemerintah setempat berupaya meningkatkan fasilitas umum di Air Terjun Purba Tirai Bidadari. Selain perbaikan jalan yang terus dikembangkan, lahan parkir yang nyaman juga disediakan bagi pengunjung yang datang. Bahkan, masyarakat secara gotong royong akan membangun spot pandang yang berada tepat di depan Air Terjun Tirai Bidadari, sehingga mampu menjadi medan magnet para pengunjung yang gemar swafoto.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image