Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Prodi Magister PIPS UMP Gelar Seminar Kebangkitan Nasional 2023

Edukasi | Monday, 22 May 2023, 10:58 WIB
Prodi Magister PIPS UMP Gelar Seminar Kebangkitan Nasional 2023

Prodi Magister Pendidikan IPS Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), kerjasama dengan Prodi Geografi UM Purwokerto, Prodi Magister PIPS Uhamka, dan Prodi Magister PIPS UPY menggelar Seminar Kebangkitan Nasional dan Call for Paper 2023.

Kegiatan seminar nasional menghadirkan narasumber utama Prof Dr Drs Ersis Warmansyah Abbas BA M Pd sebagai Unlam/Ketua APRIPSI. Narasumber lainnya yaitu Prof Dr Suswandari M Pd dari Uhamka, Dr Victor Novianto M Hum dari UPY dan Dr Sriyanto M Pd dari Kaprodi Magister PIPS UM Purwokerto.

Acara yang bertajuk Tantangan Pembelajaran IPS Saat Ini: Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Teknologi Informasi itu digelar secara hybrid, daring dan luring di Aula AK Anshori UM Purwokerto, Sabtu (20/5/2023).

Dalam sambutan Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Ir Aman Suyadi MP mengatakan kegiatan seminar nasional ini perlu dikembangkan apalagi kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, sehingga dapat meningkatkan kinerja perguruan tinggi khususnya Program Studi Magister Pendidikan IPS.

Dijelaskan, selain dalam bentuk seminar kerjasama dapat berupa pengiriman mahasiswa ke kampus lain atau pertukaran mahasiswa.

Lebih lanjut ia mangatakan pembelajaran IPS saat ini memiliki tantangan cukup besar yang berimbas dari perkembangan informasi dan teknologi serta globalisasi.

Dalam paparannya Prof Dr Ersis WA mengatakan, etnopedagogi merupakan strategi yang dapat dikembangkan agar pembelajaran IPS dapat dilakukan secara powerfull. Selain itu Prof. Dr. Suswandari, M. Pd. dan Dr. Victor Novianto, M. Hum., juga menyoroti tentang pentingnya pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk membentuk profil pelajar Pancasila.

“Sebagai instrumen penting dalam pembangunan sumber daya manusia sebuah negara, IPS perlu menjadi bagian kawah candradimukanya pendidikan. Sebab IPS adalah mata pelajaran yang krusial dalam membentuk karakter dan jati diri bangsa,” ungkapnya.

Kaprodi Magister PIPS UM Purwokerto Dr. Sriyanto M Pd mengatakan, saat ini pembelajaran berbasis teknologi informasi sudah menjadi keharusan agar tidak tertinggal dari perkembangan zaman yang semakin mengglobal. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran semakin penting apalagi semenjak terjadinya pandemi Covid-19.

Dijelaskan, menghadapi perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat diperlukan adaptabilitas guru dalam proses pembelajaran. Selain itu untuk menjaga karakter dan jati diri bangsa maka perlu ada pendekatan dalam pembelajaran IPS.

“Seminar dipandu oleh Dr rer nat Anang Widhi Nirmansyah, dan Dhi Bramasta M Pd dari Pendidikan Geografi UM Purwokerto. Seminar diikuti oleh 72 presenter, sekitar 50 peserta secara daring dan luring,” katanya.

Dr Sriyanto berharap acara tidak hanya berhenti setelah selesainya seminar nasional, namun akan berlanjut diantaranya adalah visiting lecture antara Magister PIPS UM Purwokerto dan Uhamka yang akan berlangsung dari tanggal 15 Mei s.d 5 Juni 2023. Selain itu juga akan membentuk konsorsium untuk penelitian dan pengabdian. (sri/tgr)

Artikel lengkap bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image