Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Fast Beauty yang Terjadi Saat Ini

Edukasi | Monday, 22 May 2023, 10:28 WIB

Tidak jauh beda dengan kata fast fashion, fast beauty juga menggarisbawahi siklus produksi yang kelewat cepat demi memenuhi permintaan konsumen. Banyak sekali dampak buruk yang disebabkan oleh fenomena ini diantaranya limbah, zat-zat berbahaya yang seharusnya tidak untuk digunakan, dan belum lagi sampah yang dihasilkan nantinya.

Dampak yang sering kali di abaikan adalah efek samping dari zat-zat berbahaya yang terkandung dalam produk tersebut. Saat ini banyak sekali pihak-pihak nakal yang menggunakan zat berbahaya seperti hidrokuinon di dalam kosmetik untuk menghasilkan efek lebih cepat pada wajah. Sebagai yang kita tahu bahwa penggunaan hidrokuinon pada kosmetik sangat tidak dianjurkan karena memiliki efek yang buruk bagi tubuh kita.

Kurangnya edukasi juga masih menjadi masalah serius dalam penggunaan kosmetik, sering kali pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab mengedarkan kosmetik abal-abal yang tidak memiliki sertifikat BPOM dengan embel-embel “masih mengurus surat BPOM”.

Tak hanya itu,masalah sampah yang dihasilkan juga menjadi masalah serius. Akibat terlalu sering termakan iklan kosmetik, para konsumen jadi berlomba-lomba untuk membeli produk tersebut walau persedian kosmetik mereka masih banyak yang akhirnya berujung tidak digunakan kemudian dibuang.

Oleh karena itu, sebelum membeli suatu barang hendaknya dipikiran terlebih dahulu dampaknya bagi kita dan bagi lingkungan serta bijaklah dalam membeli sesuatu dan hendaknya tidak berlebihan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image