Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ANTISA SUKMA NEGARA

Pentingnya Bahasa Inggris di Era Globalisasi

Eduaksi | Sunday, 21 May 2023, 08:14 WIB
Ilustrasi Bahasa Inggris, Pinterest.com

Kita pasti tidak asing lagi dengan kata “Globalisasi”. Menurut KBBI, globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Berdasarkan definisi dari globalisasi, kita dituntut untuk masuk ke ruang lingkup dunia. Dengan adanya globalisasi, negara kita dapat didorong untuk semakin maju, karena pastinya terdapat berbagai inovasi dan kita dapat saling berbagi ilmu dari negara-negara internasional.

Lantas, bagaimana cara kita untuk ikut serta terjun ke ruang lingkup dunia untuk semakin memajukan negara kita yang tercinta ini? Kita pastinya harus bisa untuk saling berkomunikasi antara pihak satu dengan yang lain. Kita dapat berkomunikasi dengan berbagai pihak asing dengan cara menggunakan bahasa Internasional yang paling banyak digunakan, salah satunya adalah bahasa Inggris.

Berdasarkan data dari EF EPI (English Proficiency Index) tahun 2022, Indonesia saat ini menempati peringkat ke-81 dari 111 negara dan provinsi. Oleh karena itu kita harus mempunyai kemauan untuk terus belajar bahasa Inggris dan meningkatkan kefasihan kita dalam berbahasa Inggris.

Selain kita mempelajari bahasa Inggris, kita juga harus bisa belajar untuk mempraktekkannya. Karena belajar bahasa juga memerlukan praktek apabila ingin fasih. Jadi, kita tidak hanya hafal rumus dari tata bahasa dari bahasa Inggris, tetapi kita juga harus menerapkannya atau mempraktekkannya. Tidak hanya tata bahasa saja, akan tetapi dari cara mendengar dan berbicara dalam bahasa Inggris pun juga memerlukan praktek.

Berdasarkan dari berbagai pernyataan di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa, kita harus berusaha untuk tetap belajar dan terus berusaha dalam mempelajari dan mempraktekkan bahasa Inggris. Karena kefasihan dalam berbahasa Inggris diperlukan di dalam era globalisasi ini, dengan tujuan untuk mempermudah komunikasi antara pihak satu dengan yang lain, sehingga negara kita bisa menjadi negara yang semakin maju.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image