Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EFELYN NOUVIA RAMADHANI

Pengenalan dan Penyembuhan Diri

Gaya Hidup | Sunday, 21 May 2023, 07:10 WIB

Judul Buku : A Healing Corner

Penulis : ARMY HELP CENTER INDONESIA

Identitas Penerbit : Penerbit Ikon, Jakarta Selatan

Tahun Terbit : Juni 2022

Tebal Buku : xi + 159 halaman

Ukuran Buku : 14 x 21 cm

Harga Buku : Rp 75.000,00

Presensi : Efelyn Nouvia Ramadhani (Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang)

Buku yang berjudul ‘A Healing Corner’ ini merupakan buku self-help (menolong diri) dan self-love (mencintai diri sendiri) yang dapat membantu pembaca untuk mengenali diri sendiri juga menemukan cara penyembuhan diri yang terinspirasi dari boy group asal Korea Selatan yaitu BTS. Self-Love atau lebih familiarnya dikenal dengan mencintai diri. Masih banyak orang yang hanya mengenal kata ini namun tidak tahu bagaimana cara untuk melakukannya. Padahal self-love sendiri adalah akar dari segala bagaimana cara diri bertumbuh. Karena ketika melakukan self-love secara teratur, maka akan lebih mudah untuk menyadari dan mengetahui apa yang diinginkan, pikirkan, dan rasakan oleh diri.

Buku ini juga dapat menjadi jawaban dari seseorang yang mulai memiliki kesadaran untuk ingin lebih mencintai diri sendiri. Self-love sangat dibutuhkan di masa sekarang, di saat kita cenderung untuk sibuk mencari ketenangan dan kenyamanan dengan hal-hal di luar dari diri, sehingga sulit menyatakan tubuh dan jiwa sebagai bentuk ‘rumah’ yang sesungguhnya. Dari banyaknya group band yang ada di Korea Selatan, BTS menjadi salah satu group band yang di idolakan bukan hanya karena ketampanan paras mereka tetapi juga karena karya-karyanya yang berbeda dan tidak seperti lainnya. Pada beberapa lagu-lagunya, BTS menuangkan beberapa hal mengenai kesehatan mental dan juga tentang mencintai diri sendiri (Love Yourself).

Buku ini menceritakan tentang ‘Siapakah aku?’ atau mengenal diri sendiri juga belajar menerima diri secara apa adanya. Sebenarnya wajar jika belum mengenal diri sendiri secara utuh karena diri sebagai individu memiliki sifat dinamis atau terus berubah. Buku ini menjelaskan langkah serta proses mencintai diri sendiri dengan Self CoCaCo Love (Self-Compassion, Self-Care, Self-Connection, dan Self-Love). Meluangkan waktu rehat juga merupakan bentuk menyayangi diri, untuk membuat pikiran tetap berada pada jalurnya dan merasakan kenyamanan sebagaimana mestinya, kita juga dapat membangun diri dengan terus berusaha.

Di dalam buku ini terdapat self-awareness (mengenal diri secara lebih dalam) yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu self-awareness internal (berfokus pada bagaimana cara diri untuk memandang diri sendiri) dan self-awareness eksternal (berfokus pada bagaimana orang lain memandang diri kita). Bagian dari Self-Love selanjutnya yaitu melakukan koneksi dengan diri yang dapat melalui hobi dan passion (suatu hal yang dianggap penting). Dan tidak lupa juga untuk mengapresiasi diri, seperti “Terima kasih, hari ini kamu sudah melakukan hal terbaik yang tidak pernah kamu sangka sebelumnya”.

Terdapat juga emergency self-help (pertolongan awal bagi diri sendiri) seperti grounding yang latihan dengan bernapas, teknik 5-4-3-2-1 dengan kunci memanfaatkan panca indra untuk kembali ke kondisi saat ini, juga ada teknik telapak tangan, dan teknik sensoris. Banyak cara yang tertulis di buku ini seperti cara untuk mengidentifikasi pikiran yang berlebihan, mengubah cara berpikir, mengevaluasi pikiran. Juga ada penjelasan mengenai bahasa cinta versi diri sendiri seperti Word of Affirmation, Quality Time, Receiving Gifts, Act of Service, dan Physical Touch.

Bagian tengah buku ini dituiskan beberapa pendapat dan perjalanan cinta dari ARMY (fans dari BTS) tentang self-love. Ada salah seorang penggemar yang sebelum mengenal BTS menjadi pribadi yang berpikiran sempit tentang berpikir, melakukan sesuatu, mengenali dan mencintai diri. Namun sejak mengenal BTS, penggemar tersebut jadi mempunyai banyak motivasi. Seperti yang sebelumnya malu untuk aktif dikelas, menjadi berani dan percaya diri karena motivasi yang diberikan oleh BTS.

Pada halaman menuju akhir, ada beberapa halaman yang dapat diisi tentang perubahan suasana hati (mood tracker), juga ada satu halaman yang dapat dirobek dan diremukkan ketika sedang sedih atau marah. Yang terakhir, terdapat hotline serta layanan profesional yang dapat dihubungi ketika dibutuhkan dan terdapat beberapa RS Jiwa yang telah disiagakan oleh Kementerian Kesehatan RI salah satunya RSJ Radjiman Wediodiningrat yang berada di Kota Malang, Jawa Timur.

Buku yang ditulis oleh beberapa orang dalam satu komunitas yang bernama ARMY HELP CENTER INDONESIA dengan melibatkan beberapa penggemar BTS dalam penulisan buku yang dapat membantu orang untuk menyembuhkan diri dari beberapa hal yang menjadi masalah hidup pembaca ini terinspirasi dari group band asal Korea Selatan, BTS dan diterbitkan pada Juni tahun 2022 sebagai cetakan pertama. Dengan karya-karya yang BTS keluarkan dapat membuat beberapa orang untuk menjadikan diri lebih baik dari yang sebelumnya. Buku ini dapat membantu pembaca untuk memperbaiki kepribadian diri dan bagaimana cara untuk mencintai diri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image