Wisudawan Harus Bangga Jadi Lulusan UAD, Ini Alasannya

Info Kampus  
Rektor UAD menyematkan pin tandai prosesi wisuda. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta telah banyak mengukir prestasi yang dilakukan dosen dan mahasiswa. Prestasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan rasa bangga lulusannya. Sehingga wisudawan mampu bersaing dengan lulusan perguruan lain maupun asing.

Itulah pesan Rektor UAD, Dr Muchlas MT pada Wisuda Periode April 2023 di Gedung Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, Sabtu (20/5/2023). Menurut Muchlas menanamkan rasa bangga terhadap almamater itu sangat penting. Sebab hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri para lulusan. "Sehingga saudara berani bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi Indonesia dan asing dalam menjalani profesi," kata Muchlas.

BACA JUGA : UAD, PTS Terbaik di Indonesia Versi SCImago Institutions Rankings 2023

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Muchlas, UAD memiliki segudang prestasi yang diciptakan dosen dan mahasiswanya. Salah satu contoh dari aspek akademik, berdasarkan SCImago Institutions Rankings (SIR) 2023, UAD menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Indonesia katagori penelitian. SIR merupakan lembaga pemeringkatan untuk universitas atau perguruan tinggi dan lembaga penelitian di seluruh dunia.

Kemudian tahun 2023, mahasiswa UAD juga menorehkan prestasi menjadi juara I dan III pada pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). "Ini prestasi mahasiswa yang membanggakan. Selain prestasi lain yang diukir mahasiswa sebelumnya," kata Muchlas.

Ada lima pesan Muchlas kepada para wisudawan. Pertama, amalkan dan kembangkan terus ilmu serta pengalaman yang diperoleh dari UAD baik di lingkungan profesi, masyarakat, tempat kita menjalani hidup. Kedua, tumbuhkan perasaan bangga menjadi alumni UAD karena saudara diluluskan dari perguruan tinggi berkualitas.

BACA JUGA : UAD Fokuskan Realisasi Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Mitra

Ketiga, tetap rendah hati, menjaga sikap sopan santun kepada siapa pun dan di mana pun saudara menjalani profesi sebagai cerminan lulusan UAD yang berjiwa Islami. Ingat potongan ayat yang tersemat di lambang UAD. Artinya dan di atas orang yang berilmu, masih ada yang lebih tinggi ilmunya. "Inilah yang membatasi kita agar selalu rendah hati dan tidak menyombongkan diri," katanya.

Keempat, kuatkan terus iman dan nilai-nilai keislaman dalam diri para wisudawan serta jangan lupa selalu hormat kepada orangtua. Kelima, terus berprestasi dan berkarya. "Jadilah orang yang bermanfaat di mana pun saudara berada sesuai nilai-nilai dasar UAD yaitu inovatif, profesional, dan dedikatif, dalam Bahasa Jawa, migunani tumrap ing liyan," harapnya.

Periode April 2023, UAD mewisuda sebanyak 1.191 lulusan yang terdiri 1.071 wisudawan Program Sarjana (S1), tiga wisudawan Program Diploma 4, dan 117 wisudawan program magister. Sebanyak 750 wisudawan Cumlaude yang terdiri 685 (S1), 2 (D4), dan 63 (S2).

Pelaksanaan wisuda ini dilaksanakan secara hybrid 1.140 secara luar jaringan (Luring) dan 51 wisudawan mengikuti dalam jaringan (Daring). "Wisuda kali ini periode April, tetapi berbarengan dengan Idul Fitri 1444 H, maka pelaksanaanya diundur pada bulan Mei 2023," kata Muchlas. (*)

BACA JUGA : UAD Anugerahkan Mahasiswa Berprestasi 'Andalan Awards 2023'

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image