Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khansa Mumtaz

Belajar Dari Karakter Ijat yang Sering Pingsan, Apa Sih Penyebabnya Menurut Pandangan Medis?

Edukasi | Saturday, 20 May 2023, 17:01 WIB
https://pin.it/q8suVzi
https://pin.it/q8suVzi

Khansa Antarizka Mumtaz, Mahasiswa Universitas Airlangga




Siapa yang tidak tahu kartun Upin dan Ipin? serial animasi televisi Malaysia ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia . Diproduksi oleh Les' Copaque Production, Upin Ipin pertama kali ditayangkan pada tahun 2007. Upin & Ipin mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari dan petualangan dua anak kembar bernama Upin dan Ipin. diantara teman-teman si kembar upin ipin, ada salah satu anak yang punya kepribadian dan karakter yang unik, siapa lagi kalau bukan ijat.

Di serial Upin dan Ipin, Ijat dikenal sebagai karakter yang lucu. Namun, tak jarang tingkahnya membuat penonton merasa iba dan bertanya-tanya, terutama adegan ketika Ijat yang seringkali pingsan tiba-tiba. Lantas sebenarnya apa yang penyakit yang diderita oleh Ijat? Berikut beberapa kemungkinan penyebab sering pingsan menurut pandangan medis.

  1. Anxiety Disorder

Dalam beberapa episode dalam serial Upin dan Ipin, terdapat adegan ketika Ijat jika diajak bicara sering terlihat panik dan cemas yang berujung pingsan. Hal ini tidak terjadi sekali dua kali. Kemungkinan besar hal ini terjadi karena Ijat memiliki anxiety disorder atau gangguan kecemasan.

Anxiety Disorder sendiri adalah kondisi mental dimana pengidapnya mengalami perasaan cemas, takut dan khawatir yang berlebihan. Gejala yang dialami seseorang dengan anxiety disorder dapat berupa keringat dingin, jantung berdetak cepat, sulit tidur, gelisah hingga pingsan tiba-tiba seperti yang dialami Ijat. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-harinya seperti belajar, bekerja dan berbicara didepan banyak orang bahkan ketika berinteraksi dengan orang lain.

Faktornya dapat muncul dari berbagai bisa hal, seperti keturunan, pengalaman masa lalu yang buruk, kondisi fisik hingga pengaruh lingkungan.

Jenis dari anxiety disorder bermacam-macam. Mulai dari generalized anxiety disorder, panic disorder, social anxiety disorder, obsessive-compulsive disorder dan PTSD. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri dengan tingkat yang berbeda-beda. Nah, kira-kira Ijat termasuk jenis yang mana ya?

  1. Tekanan Darah Rendah atau Hipotensi

Ya, tekanan darah rendah juga merupakan salah satu kemungkinan Ijat sering pingsan. Ketika seseorang mengalami tekanan darah rendah, pasokan oksigen ke otak berkurang sehingga dapat menyebabkan pingsan.

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah kondisi medis dimana tekanan darah seseorang turun di bawah angka normal. Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg, sedangkan hipotensi terjadi ketika tekanan sistolik kurang dari 90 mmHg dan tekanan diastolik kurang dari 60 mmHg.

Hipotensi dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk dehidrasi, kehilangan darah, stres, infeksi, masalah jantung, dan efek samping dari obat-obatan. Gejala hipotensi meliputi pusing, lelah, kebingungan, mual, dan pingsan.

Jika mengalami gejala hipotensi, sebaiknya segera beristirahat, jaga kesehatan, makan-makanan yang bergizi dan juga rajin untuk konsultasikan ke dokter.

  1. Dehidrasi

Selanjutnya ada dehidrasi. Dehidrasi merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang tidak cukup minum air putih, banyak berkeringat dan diare.

Beberapa efek dan gejala dari dehidrasi yaitu pusing, lelah, badan menjadi kering hingga yang paling parah dapat menyebabkan pusing berat, detak jantung cepat hingga pingsan.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk minum cukup air setiap hari agar tidak terjadi dehidrasi setidaknya delapan gelas. Selain itu mengurangi minuman beralkohol dan kafein seperti teh dan kopi karena dapat menyebabkan tubuh menyerap air lebih cepat.

  1. Hipoglikemia

Alasan keempat adalah hipoglikemia. Kondisi ini terjadi karena kadar glukosa dalam tubuh lebih rendah dari kadar normal. Biasanya hipoglikemia terjadi pada orang orang yang menderita diabetes yang menggunakan obat-obatan seperti insulin untuk mengatur kadar gula darah.

Gejala hipoglikemia sendiri yaitu berkeringat, kesulitan bicara, kejang, pingsan bahkan yang paling parah dapat menyebabkan koma. Karenanya segera periksakan ke dokter bila mengalami gejala diatas.

  1. Epilepsi

Yang terakhir alasan mengapa Ijat sering pingsan adalah epilepsi. Kondisi ini dapat menyebabkan kejang atau serangan gangguan aktivitas listrik pada otak. Kebanyakan orang yang menderita epilepsi dapat mengurus hidup mereka sendiri dengan meminum obat-obatan dan merubah gaya hidup. Namun, beberapa kasus penderita epilepsi memerlukan perawatan medis yang intensif.

Faktor seseorang menderita epilepsi cukup banyak, diantaranya yaitu:

  • Gangguan otak sejak lahir
  • Infeksi pada otak seperti meningitis
  • Cedera kepala parah
  • Gangguan keseimbangan elektrolit dalam tubuh
  • Sering konsumsi minuman beralkohol
  • Tumor otak

Jika mengalami gejala epilepsi, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk melakukan pengobatan sedini mungkin.

Itulah beberapa faktor kemungkinan mengapa Ijat pingsan tiba-tiba. Jika mengalami hal yang serupa dengan Ijat, segeralah melakukan penanganan karena hal tersebut dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius dan memerlukan penanganan. Salam Sehat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image