Media Sosial Geser Minat Membaca Buku di Kalangan Generasi Muda

Gaya Hidup  
Buku. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Perkembangan teknologi digital berjalan begitu pesat dan masif membawa pengaruh dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya budaya membaca buku mengalami perubahan besar terutama di kalangan milenial. Media sosial lebih menarik dan selalu up date dalam menyuguhkan informasi.

Psikolog UGM, Prof Drs Koentjoro, M BSc, PhD, Psikolog, mengemukakan hal tersebut pada peringatan Hari Buku Nasional di Yogyakarta, Rabu (17/5/2023). Kehadiran media sosial menawarkan beragam konten yang dikemas menarik secara audio dan visual serta up to date.

BACA JUGA : Prof Salim Said Hibahkan 10.000 Buku pada Perpustakaan UII, Mengapa?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kehadiran media sosial tersebut menjadikan lebih banyak digemari sebagai media pencarian informasi dibandingkan buku cetak. “Digitalisasi ini sebenarnya bisa kita sikapi untuk back to nature yaitu kembali ke tardisi budaya tutur. Membaca memang buka kultur masyarakat kita, tetapi budaya tutur. Secara sistem dan di keluarga diajari kembali untuk merenung dan titen (hasil berulang-ulang mempelajari tanda-tanda alam),” kata Koentjoro.

Koentjoro mengingatkan buku bukanlah sebagai alat utama pembelajaran masyarakat. Namun, buku menjadi salah satu referensi dalam pencarian informasi maupun memahami persoalan.

BACA JUGA : Rektor UII : Masyarakat Wajib Tingkatkan Literasi Medsos di Tahun Politik, Ini Tujuannya

“Melalui peringatan Hari Buku Nasional ini jadi momentum mengembalikan pemikiran bahwa sumber belajar bukan hanya buku. Buku-buku tersebut hanyalah refernsi bukan yang utama,” jelasnya.

Menurut Koentjoro, membaca tulisan maupun buku menghasilkan manusia yang cerdas dan menjadikan berpikr secara rasional. Namun ia mengingatkan buku bukanlah alat utama pembelajaran. "Meskipun buku memberikan beragam informasi namun tidak mengajarkan untuk berpikir kritis karena tidak terjadi dialog di dalamnya untuk menjawab berbagai keingintahuan pembacanya," ujarnya. (*)

BACA JUGA : Kageogama Gelar Geology Goes to School, Kenalkan Ilmu Kebumian pada Generasi Muda

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image