Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image primaharani Putri

Beberapa Opini dari Banyaknya Anak Milenial yang Bermain Saham pada Era Teknologi Modern

Gaya Hidup | Wednesday, 17 May 2023, 20:18 WIB
Millenial survey, sumber : hipwee.com

Laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan bahwa banyaknya data yang tercatat dalam perioda 3 tahun terakhir ini yang dikarenakan meningkatnya sejumlah investor dari saham dan bagian pasar modal yang meningkat pesat, yang awalnya hanya sekitar 3 juta investor menjadi naik di angka 9,45 juta dibulan Agustus 2022.

Partisipasi dari investor pasar baru yang merupakan antusiasme yang didominasi oleh generasi Milenial dan generasi Z, yang memiliki bukti data akan presentasi sebesar 60% dari banyaknya investor adalah orang-orang yang berusia 30 tahun kebawah. Hal tersebut ditanggapi oleh beberapa tokoh ekonomi yang berpendapat bahwa investasi yang mendorong dalam hal saham memiliki beberapa hasil dari prospek yang sangat menjanjikan, namun adanya high risk yang terjadi yang memungkinkan beberapa pasar saham menurun.

Generasi Milenial dan generasi Z yang banyak berpartisipasi harus dengan bijak menyikapi sebuah investasi begitu juga dengan sebagian resiko yang akan datang dikemudian hari, harus pandai dalam memutuskan sesuatu apalagi disaat seseorang memiliki suatu antusiasme akan hal yang relative baru. Anak muda juga dituntut untuk bersikap rasional yang berarti beberapa resiko maupun imbal yang dihasilkan harus bisa terukur, karena adanya keuntungan pada setiap investasi saham bisa terbilang sangat besar, namun menimbulkan resiko yang besar juga.

Prospek dari suatu investasi saham yang didalamnya mendominasi generasi milenial yang memiliki banyak kesempatan dbandingkan dengan umur-umur 10 sampai 20 tahun sebelumnua, namun tetap harus menelaah dan teliti akan banyak hal sebelum terjun dan memutuskannya, yang bisa dibilang agar anak-anak muda terus belajar dan memperhatikan pengalaman akan seseorang yang sudah lama ada dibidangnya, dengan memiliki sebuah mindset yang sudah diasah dan benar sebelum terjun kedalam sebuah dunia yang disebut investasi saham. Dan dilain halnya juga seorang investor anak muda harus benar-benar memahami dan memilih saham sebuah perusahaan dengan banyaknya track record yang bagus dengan kinerja dibidang keuangan yang prima, sehingga dapat menimbulkan keuntungan dalam jangka panjang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image