Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adinda Gita Puspita

Pengaruh Tiktok terhadap Polah Pikir Anak-Anak

Edukasi | Wednesday, 17 May 2023, 13:30 WIB

Tiktok merupakan suatu platform media sosial yang banyak digunakan oleh semua usia—orang dewasa sampai anak-anak. Pada platform tersebut menyajikan konten video singkat berdurasi satu sampai tiga menit dengan algoritma yang menyesuaikan penggunanya. Isi video di Tiktok juga beragam, mulai dari tips kecantikan, kesehatan, olahraga, selebriti, dan lain sebagainya.

photo by unsplash

Aplikasi tiktok juga memiliki aturan untuk penglibatan keluarga, yaitu orangtua dapat mengontrol atau mengawasi akun tiktok anaknya. Tapi tak jarang ada orangtua yang tidak sadar akan hal tesebut dikarenakan gagap teknologi, membuat anak-anak mereka yang dibawah umur menjadi merasa bebas mengakses aplikasi tersebut.

Karena adanya kelengahan dari orangtua terhadap pengawasan kepada anak mereka, sikap dan polah pikir anak-anak ini menjadi terpengaruh seperti mengikuti kosa kata bahasa gaul yang kurang sopan, meniru gaya orang dewasa yang kurang baik atau belum pantas untuk dilakukan anak-anak, mengikuti kata kasar seperti umpatan, dan tak jarang juga ada anak-anak dibawah umur yang memberikan komentar buruk atau cyber bullying kepada pemngguna tiktok lain.

Saya berpendapat bahwa ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi, yaitu:

1. Batasi anak untuk bermain handphone

2. Batasi akses sosial media pada anak-anak

3. Beri pengertian tentang baik dan buruknya dalam berperilaku di sosial media

4. Beri pengertian jika semua hal yang ada pada konten tiktok tidak harus dicontohkan atau dipraktikkan secara langsung

Pada intinya, sebagai orangtua atau kita yang menjadi orang dewasa harus ikut andil untuk mengawasi aktifitas sosial nmedia anak-anak. Karena anak-anak masih butuh bimbingan yang lebih banyak, mereka sendiri masih belum bisa membedakan hal yang baik dan buruk.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image