Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Chessa Failazhufa Waludri

SNBP Bukan Jalur Hoki : Ini Dia Tips and Trik Lolos SNBP 2024!

Sekolah | 2023-05-17 10:42:57

SNBP merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berbasis Prestasi yang mana seleksi ini memerlukan nilai rapor siswa SMA selama semester 1 hingga semester 5 dan juga beberapa prestasi yang dapat dicantumkan. Jalur SNBP ini berbeda dengan jalur lainnya karena tidak menggunakan tes tulis sama sekali.

Walaupun tidak menggunakan tes tulis, tetapi jalur ini juga memiliki banyak pesaing dari seluruh Indonesia. Ketua SNPMB Mochamad Ashari mengungkapkan terdapat 663.181 siswa yang mendaftar di SNBT 2023.

Berdasarkan jumpa pers Hasil Seleksi Jalur SNBP 2023 di Jakarta, Senin 27 (27/03/2023), Ashari mengatakan bahwa daya tampung total jalur SNBP 2023 hanya sebanyak 152.120 kursi. Oleh karena itu, simak beberapa tips and trik berikut ini.

AWAL MASUK SMA

Meskipun baru keterima di SMA, para siswa dapat mempersiapkan untuk SNBP untuk curi start lebih dahulu. Berikut beberapa hal yang dapat dipersiapkan.

1. Sejak masuk SMA harus punya target. Target yang harus dimiliki adalah nilai rapor masing-masing semester, mata pelajaran apa saja yang nilainya harus meningkat, apabila sudah memiliki impian jurusan maka harus memilih mata pelajaran yang relevan agar tidak bingung karena sekarang sudah menggunakan kurikulum merdeka.

2. Mencari tahu informasi mengenai jurusan dan universitas yang diinginkan. Para siswa bisa mencari tahu tentang nilai minimal masuk jurusan, berapa banyak pendaftar setiap tahunnya, akreditas jurusan dan universitas, biaya UKT, dan masih banyak hal lainnya.

3. Follow akun Instagram, Twitter, TikTok, YouTube yang membahas mengenai PTN. Ada banyak akun social media yang update tentang SNBP ini. Jangan lupa untuk ikuti agar para siswa bisa tahu berita tentang SNBP.

SAAT KELAS 10

Bagi siswa yang masih duduk di kelas 10, akan lebih mudah jika mempersiapkan SNBP mulai dari sekarang. Berikut beberapa hal yang dapat dipersiapkan.

1. Sering mengikuti berbagai macam perlombaan.

Jika sering mengikuti berbagai macam lomba seperti OSN, O2SN, FLS2N, Lomba LKTI dan Esai, serta perlombaan lainnya. Sertifikat kejuaraan yang diperoleh akan sangat berguna saat mendaftar SNBP. Akan lebih baik jika mengikuti perlombaan sejak kelas 10 karena pada saat kelas 12 akan ada banyak ujian yang harus dihadapi.

2. Harus aktif di kelas.

Ini merupakan hal paling mudah yang dapat dilakukan karena dengan sering aktif di kelas akan membuat guru lebih mudah dalam mengingat siswanya

3. Pelajari mata pelajaran kelas 10 dengan baik.

Mata pelajaran kelas 10 ini merupakan dasar dari semuanya. Apabila dasarnya masih kesulitan nantinya akan menjadi beban di kelas berikutnya.

4. Mengikuti webinar tentang OPEN HOUSE.

Siswa dapat mengikuti webinar yang diadakan Universitas yang diinginkan agar mengenal lebih jauh mengenai jurusan yang dipilih.

5. Hadir dalam acara Campus Expo.

Apabila di sekolah terdapat acara Campus Expo yang mana acara tersebut menghadirkan alumni sekolah yang lolos di PTN. Gunakan kesempatan itu untuk bertanya sebanyak mungkin kepada alumni.

SAAT KELAS 11

Pada saat kelas 11, para siswa sudah harus semakin mempersiapkan untuk SNBP agar di kelas 12 nanti tidak bingung. Berikut beberapa hal yang dapat dipersiapkan.

1. Mengikuti bimbingan belajar.

Bimbingan belajar yang diikuti bisa secara offline maupun online sesuai kebutuhan masing-masing. Pilihlah bimbingan belajar yang memiliki fasilitas dan pengajar yang dapat menunjang kamu untuk lolos di SNBP.

2. Belajar melalui YouTube.

Apabila tidak ingin mengikuti bimbingan belajar, maka para siswa dapat belajar melalui video yang ada di YouTube karena siapapun dapat mengaksesnya secara gratis.

3. Mempertahankan nilai rapor.

Usahakan bisa mempertahankan nilai rapor agar meningkat terutama di mata pelajaran yang berpotensi untuk menjadi prioritas di jurusan pilihan nanti.

4. Mulai memiliki gambaran mengenai jurusan dan universitas yang dipilih.

Para siswa diharapkan sudah memiliki gambaran tentang jurusan dan universitas yang akan dipilih pada saat SNBP nanti agar tidak mengalami 'salah jurusan'.

5. Buat rencana cadangan.

Rencana cadangan yang dapat dipersiapkan adalah mencari tahu mengenai universitas swasta yang sudah buka pendaftarannya.

SAAT KELAS 12

Pada saat kelas 12 ini lah seluruh persiapan siswa semenjak kelas 10 hingga saat ini harus semakin terarah. Berikut beberapa hal yang dapat dipersiapkan.

1. Catat semua nilai rapor dan dihitung rata-ratanya.

Hal ini merupakan step paling penting karena setiap siswa harus mengetahui nilai rata-rata rapornya.

2. Mencoba untuk mengukur peluang lolos SNBP.

Para siswa dapat mencoba ukur peluang sesuai dengan jurusan dan universitas pilihan. Biasanya di beberapa lembaga bimbingan belajar memiliki fasilitas tersebut. Selain itu, terdapat beberapa website yang dapat kamu gunakan dalam mengukur peluang lolos SNBP.

3. Mencari tahu keketatan jurusan di universitas.

Jangan lupa untuk mengetahui berapa persen keketatan jurusan di universitas yang dipilih lalu bandingkan.

4. Konsultasi dengan guru BK.

Para siswa dapat konsultasi mengenai jurusan dan universitas yang dipilih kepada guru. Tanyakan mengenai berapa jumlah alumni yang diterima melalui SNBP.

5. Jangan malu untuk bertanya kepada alumni.

Terkadang informasi yang diperoleh dari alumni akan sangat bermanfaat untuk kedepannya. Para siswa dapat membahas tentang strategi yang digunakan alumni untuk bisa lolos SNBP, tanyakan nilai rapor, sertifikat apa saja yang dicantumkan, dan masih banyak hal lainnya.

6. Apabila sudah perankingan pararel, tanyakan kepada teman yang rank nya di atas. Memang ranking itu berpengaruh di jalur SNBP ini sehingga para siswa harus bertanya mengenai jurusan yang akan mereka pilih agar tidak memilih jurusan dan universitas yang sama. Peluang untuk lolos semakin kecil karena universitas mendahulukan yang ranknya di atas dulu

8. Perkuat jalur doa.

Jangan lupa untuk selalu rajin beribadah karena jalur SNBP ini tidak semua orang dapat lolos SNBP 2023.

Sumber : https://pmb.pens.ac.id/index.php/snbp/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image