Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image FBHIS UMSIDA

Terobosan Tim Abdimas Umsida: Catering Bu Budi Sukses dengan SJPH dan Kehebatan Pemasaran Digital!

Eduaksi | Wednesday, 17 May 2023, 09:00 WIB

republika.co.id — Kegiatan pengabdian masyarakat (Abdimas) dari tim Program studi (prodi) Manajemen Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) di tahun 2023 ini salah satunya sasaranya kepada usaha katering, yaitu Catering Bu Budi yang terletak di Gebang Raya, Sidoarjo. Selasa (16/05/23).

Kegiatan Abdimas yang rencana berlangsung dari bulan Januari hingga Juni 2023 ini point pentingnya tentang pembinaan aspek pemasaran digital dari katering dan edukasi penyusunan dokumen serta pengajuan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH).

Tim pengabdian melibatkan 3 dosen dan 2 mahasiswa dari prodi manajemen Umsida. Ketua pengabdi, Satrio Sudarso mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang diusulkan ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pada mitra. “Seperti pemasaran yang belum optimal dan kebutuhan akan sertifikasi Halal pada produk usaha katering,” ujarnya

Pembinaan pemasaran dititikberatkan pada digital marketing dengan membuat akun dan mempromosikan produk melalui aplikasi Tik Tok, membuat label kemasan agar terlihat lebih menarik hingga membuat e cataloque. “Sedangkan aspek edukasi SJPH dimulai dari tahap pendataan hingga tahap penyusunan dokumen SJPH terlebih dapat sampai pada tahap pengajuan SJPH,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, faktor pembinaan pendamping yaitu tim pengabdi melakukan analisa SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang dari segi usaha Catering Bu Budi.

Tsamrotul Fuadah, selaku pemilik usaha Catering Bu Budi mengaku sangat senang dengan adanya program abdimas dari Umsida ini karena nantinya akan dapat meningkatkan skala bisnis dan omzet usaha dari katering. Patut diketahui bahwa produk unggulan dari katering Bu Budi ini adalah nasi kotak yang bahan bahan masakanya menggunakan bahan alami tanpa pengawet, penyedap rasa dan pewarna buatan sehingga mengutamakan faktor kesehatan.

Lebih lanjut Satrio menjelaskan bahwa output utama yang diharapkan dari kegiatan ini dalam bentuk nyata yaitu peningkatan penjualan dari produk usaha sedangkan output akademis berupa artikel ilmiah yang dipublikasikan di Jurnal Pengabdian Masyarakat terakreditasi.

Ditulis : Satrio Sudarso

Edit : Muhammad Asrul Maulana

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image