Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yum Roni Askosendra

Memanah: Berolahraga, Sehat dan Berpahala

Olahraga | Wednesday, 17 May 2023, 03:10 WIB
Aa Gym berolahraga panahan sambil berkuda

Belakangan ini, olahraga memanah begitu semarak di berbagai tempat di Indonesia. Mulai dari komunitas, klub, ekstrakurikuler sekolah, kampus, bahkan masjid. Tak heran, jika saat ini klub-klub panahan menjamur di kota-kota besar dan kecil. Peminatnya berasal dari berbagai kalangan dan umur. Anak-anak, remaja, dewasa, baik laki-laki maupun perempuan ikut dalam olahraga ini.

Olahraga memanah sangat bermanfaat bagi kesehatan. Melansir situs halodoc, memanah sangat berguna bagi kesehatan di antaranya:

1. Meningkatkan konsentrasi mata dan gerakan tangan

Ketika seseorang memanah, ia harus berkonsentrasi penuh pada target sambil menahan anak panah dengan tangan. Jika mata telah fokus pada target, anak panah siap dilepaskan.

2. Menguatkan tubuh

Meskipun terlihat sedernana, olahraga panahan yang dilakukan seseorang dengan rutin bisa menguatkan tubuh bagian atas, terutama tangan dan lengan

3. Berlatih untuk sabar

Salah satu kunci dalam memanah adalah sabar. Pemanah yang baik adalah yang sabar dalam menunggu target terkunci sebelum melesatkan anak panahnya. Sebab, jika tidak sabar, anak panah yang dilepaskan tidak akan jatuh pada tempat yang sama.

Potensi Pahala

Selain manfaat kesehatan yang didapatkan seseorang untuk memanah, bagi seorang muslim, memanah merupakan salah satu sunnah Nabi. Sehingga, jika diniatkan dengan ikhlas, seorang muslim mendapatkan pahala ketika memanah.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Ali Tsumamah bin Syufayy, ia mendengar Uqbah bin Amir bertutur, ‘Saya mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda ketika di atas mimbar,

Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka dengan kekuatan yang kamu miliki(QS. Al-Anfaal: 60). Ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah.” (HR. Muslim, Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Dalam hadits di atas, memanah diulang sebanyak tiga kali. Hal ini merupakan isyarat bahwa olahraga ini dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Dalam riwayat lain dinyatakan, salah seorang sahabat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, Uqbah bin Amir, pada usia senja tetap melakukan olahraga panahan karena kegigihannya untuk menjalankan sunnah. Pada saat ditanya alasannya, ia menjawab,

"Seandainya bukan karena sabda yang pernah aku dengar dari mulut Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, tentu aku tidak akan mempedulikannya." (HR. Muslim).

Maksudnya, ia mendengar langsung hadits Nabi tentang keutamaan memanah dan larangan untuk meninggalkannya.

Bagi Anda yang malas berolahraga dengan alasan lelah, tidak punya waktu, atau disibukkan oleh pekerjaan rutin, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba olahraga ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image