Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Sudahkah Kamu Menjadi Mahasiswa Berkualitas?

Eduaksi | Tuesday, 16 May 2023, 17:52 WIB
pict by : faizah lauhun

Menjadi seorang mahasiswa adalah anugerah yang sangat luar biasa bagi kalangan para remaja, karena tidak banyak orang yang bisa menjadi seorang mahasiswa. Terlepas dari hal tersebut, mahasiswa juga memiliki beban yang sangat banyak karena mereka dianggap sebagai orang yang luar biasa dibandingkan dengan mereka yang bukan mahasiswa. Masyarakat memandang seorang mahasiswa sebagai manusia yang memiliki akhlak baik, memiliki otak yang pandai, juga mempunyai jiwa sosial tinggi maka dari itu banyak dari masyarakat yang mengandalkan mahasiswa untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

Karena adanya prespektif masyarakat yang baik terhadap mahasiswa tentunya kita harus berusaha untuk mewujudkannya dengan menjadi mahasiswa yang berkualitas. Mahasiswa yang berkualitas itu bukan hanya sekadar mengikuti kelas dengan tepat waktu dan mendengarkan hingga selesai lalu pulang ke kos/ke rumah. Mahasiswa berkualitas itu harus berusaha sekeras mungkin untuk mewujudkan tri dharma perguruan tinggi meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Bagaimana sih caranya kita untuk mewujudkan tri dharma perguruan tinggi tersebut?

Tri dharma yang pertama pendidikan dan pengajaran. Dengan adanya kelas pada setiap mata kuliah itu sudah berarti bahwa kita melakukan kegiatan pendidikan tentunya harus diikuti dengan serius dan aktif di setiap mata kuliah. Menjadi mahasiswa aktif memang tidak mudah, harus memperhatikan proses pembelajaran, bertanya jika kita tidak paham mengenai materi serta berusaha untuk berpikir kritis dalam suatu pemecahan masalah. di kelas kita bukan hanya menjadi pendengar, tetapi kita juga diajarkan untuk menjadi pemateri dengan melakukan kegiatan presentasi maka dari itu saat kita melakukan presentasi harus dipersiapkan dengan matang agar apayang kita ajarkan ke teman satu kelas kita dapat dimengerti dan dipahami tanpa adanya kesalahan.

Menjadi mahasiswa juga bukan sekadar mendapatkan ilmu, tetapi kita harus menyebarkan ilmu yang telah kita dapat dengan mengajarkannya ke orang lain secara perlahan entah itu lewat obrolan ringan ataupun lewat diskusi di luar bangku perkuliahan. Jadi, ilmu yang didapat itu bukan hanya untuk disimpan di dalam otak, tetapi juga dapat disebarkan ke orang lain yang mungkin belum memiliki kesempatan untuk duduk di bangku kuliah ataupun sekolah.

Tri dharma yang kedua penelitian dan pengembangan. Sebagai mahasiswa harus ikut serta dalam melakukan penelitian dan pengembangan khususnya mengenai bidang yang telah diambil. Penelitian dan pengembangan di sini dimaksudkan untuk bentuk kontribusi positif yang dilakaukan mahasiswa kepada bidang yang telah diambil. Tetapi hal tersebut tentunya sedikit sulit untuk dilakukan karena dalam penelitian dan pengembangan harus melakukan banyak langkah-langkah yang cukup rumit seperti mencari pokok masalah, melakukan riset ke banyak orang, hingga berusaha memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Untuk mahasiswa pemula dapat mengambil langkah awal dengan membuat suatu karya ilmiah entah itu makalah ataupun esai agar dapat melatih kita dalam pembuatan karya ilmiah. Jika sudah terlatih, bisa mencoba untuk membuat jurnal dan karya ilmiah lainnya.

Tri dharma yang ketiga pengabdian kepada masyarakat. Sudah seharusnya orang yang paling dekat dengan mahasiswa adalah masyarakat karena kita sebagai makhluk sosial tidak akan terlepas dengan komunikasi pada orang lain. Apa yang dilakukan oleh mahasiswa pasti akan berdampingan dengan masyarakat. Seperti dalam pengajaran kita dapat melakukan hal tersebut kepada masyarakat yang mungkin kurang mampu untuk melakukan proses belajar mengajar, dalam penelitian suatu masalah pastinya tidak akan terlepas dari pendapat-pendapat masyarakat karena kehidupan ini mereka juga yang menjalaninya.

Dengan mengabdi kepada masyarakat, mahasiswa mudah untuk melakukan apa yang sudah menjadi kewajibannya. Masyarakat pun pastinya akan membantu dengan senang hati jika kita para mahasiswa berusaha untuk mengerti mereka, dekat dan akrab dengan mereka tanpa adanya maksud tertentu/ikhlas, dan berusaha untuk membantu mereka jika sedang mengalami kesulitan. Poin ketiga ini juga tak kalah penting dari poin-poin yang lain karena kita hidup bersama dengan masyarakat.

Jadi, untuk menjadi mahasiswa yang berkualitas cukup mudah jika kita menjalaninya dengan senang hati dan ikhlas. Mulai dari sini coba tanya kepada diri sendiri untuk apa tujuan kita berada di sini, dan untuk siapa kita menjalaninya nanti. Seperti kata seseorang “jika tujuan kita hanya mencari ijazah, maka kita akan mendapatkannya tetapi ya hanya mendapatkan ijazah saja tidak ada yang lain”. Daripada kita menyesalinya nanti, segera luaskan niat agar kita mendapatkan semua yang akan kita jalani di bangku perkuliahan entah itu ilmu, pengalaman, ijazah, gelar, dsb.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image