Penebaran 6.000 Bibit Ikan Tandai Peringatan Dies ke-60 Perikanan UGM

Info Kampus  
Penebaran bibit ikan tandai peringkatan dies natalis Departemen Perikanan UGM. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Sebanyak 6.000 bibit ikan nilem dan tawes ditebar di enam lokasi yaitu Sungai Code, Sungai Bedog, Sungai Gajah Wong, Embung Langensari, Embung Tambak Boyo, dan Wisdom Park UGM. Penebaran bibit ikan ini sebagai tanda peringatan Dies ke-60 Departemen Perikanan Fakultas Pertanian UGM.

"Ikan yang ditebar berupa ikan nilem dan tawes. Ikan ini termasuk dalam spesies lokal Indonesia serta tidak bersifat invasif sehingga bisa hidup berdampingan dengan jenis ikan lainnya," kata Ketua Peringat Dies Natalis ke-60 Departemen Perikanan, Dr Eko Setyobudi, SPi, MSi di Yogyakarta, Jumat (12/5/2023).

BACA JUGA : Pelepasan Burung Tandai Rangkaian Dies Natalis Fakultas Filsafat UGM

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain menebar ikan, kata Eko Setyobudi, pembukaan dies natalis ini juga dilakukan pembagian 60 paket ikan hias kepada anak-anak dan pengunjung di sekitar kampus UGM. Kegiatan lain adalah senam bersama, yang diikuti dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dari Departemen Perikanan, maupun departemen lain di lingkungan Fakultas Pertanian UGM.

Eko menambahkan rangkaian dies akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, pengabdian kepada masyarakat, bakti sosial, Seminar Nasional Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan Perikanan (Semnaskan XX), International Symposium on Marine and Fisheries Research (5th ISMFR), fish expo dan bazaar, Super League and Fish Art, perlombaan, temu alumni, dan family gathering. Sedangkan puncak dies Departemen Perikanan UGM akan dilaksanakan pada 1 September 2023.

Ketua Departemen Perikanan, Prof Dr Ir Alim Isnanetyo, MSc, mengatakan perikanan merupakan salah satu departemen di Fakultas Pertanian yang sudah cukup lama berdiri. Pada tanggal 1 September 2023 nanti, Departemen Perikanan Fakultas Pertanian UGM akan memasuki usia yang ke-60 tahun.

BACA JUGA : Rektor UP 45 Harapkan Alumni Berikan Kontribusi Positif pada Almamater

Alim Isnanetyo sangat mendukung kegiatan dies ini dan mengharapkan agar Departemen Perikanan UGM dapat lebih berkontribusi dalam membangun negeri. "Harapannya kedepan bisa semakin berkontribusi dalam menumbuhkan dan membangun inovasi dan teknologi di bidang perikanan dan kelautan," kata Alim Isnanetyo.

Sementara Dekan Fakultas Pertanian UGM, Ir Jaka Widada, MP, PhD mengatakan Departemen Perikanan merupakan departemen dengan jumlah dosen, mahasiswa, dan tendik terbesar. Karena itu, ia mengharapkan, Departemen Perikanan dapat berkontribusi lebih banyak bagi kesejahteraan masyarakat. (*)

BACA JUGA : Rektor UII : Masyarakat Wajib Tingkatkan Literasi Medsos di Tahun Politik, Ini Tujuannya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image