Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wedaring Kingkin Filosofi

Pengaruh Media Sosial di Era Digitalasisasi

Teknologi | Friday, 12 May 2023, 19:56 WIB
Ilustrasi Perkembangan Media Sosial, Pinterest.com

Di era digital seperti saat ini, media sosial memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan mental dan emosional seseorang. Seiring dengan peningkatan penggunaan media sosial, terdapat juga peningkatan risiko seseorang merasa cemas, bahkan hingga depresi. Salah satu efek negatif yang paling umum dari penggunaan media sosial adalah rasa tidak aman dan timbulnya rasa insecure.

Media sosial memberikan platform bagi pengguna untuk mengekspresikan diri mereka, menunjukkan sisi terbaik dari hidup mereka, dan berinteraksi dengan orang lain. Namun, banyak pengguna media sosial cenderung memperlihatkan sisi terbaik dari hidup mereka sehingga banyak orang yang akhirnya membandingkan pencapaian mereka dengan orang serta menimbulkan rasa insecure.

Ketika seseorang melihat postingan orang lain yang tampaknya hidupnya lebih baik, hal ini bisa menyebabkan perasaan insecure. Mereka pada akhirnya merasa kurang percaya diri, merasa tidak puas dengan hidup mereka sendiri, dan merasa terasing dari lingkungan sosial mereka. Selain itu, penggunaan media sosial juga bisa meningkatkan risiko kecanduan. Banyak pengguna media sosial yang menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya di platform tersebut, terutama pada saat mereka merasa bosan. Kecanduan media sosial dapat mengganggu keseimbangan hidup, mengganggu produktivitas, dan bahkan menyebabkan masalah kesehatan mental yang serius seperti depresi dan kecemasan.

Tidak hanya itu, keamanan dan privasi juga menjadi masalah penting yang berkaitan dengan penggunaan media sosial. Banyak pengguna media sosial kurang memperhatikan privasi mereka secara online dan memberikan terlalu banyak informasi pribadi kepada publik. Ini bisa meningkatkan risiko pencurian identitas, penipuan online, dan serangan siber lainnya.

Meskipun media sosial dapat memiliki efek negatif pada kesehatan mental dan emosional seseorang, penggunaan sosial media tidak selalu buruk. Di sisi lain sosial media juga dapat memberikan dampak yang positif, misalnya membantu orang untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, meningkatkan keterampilan sosial, dan membuka peluang baru untuk karir atau bisnis.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna media sosial untuk memperhatikan cara mereka menggunakan platform tersebut dan menjaga privasi mereka secara online secara bijak.

Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan pengaturan privasi, membatasi informasi yang dibagikan, dan menggunakan password yang kuat dan unik untuk akun mereka. Selain itu, penting untuk mengurangi waktu penggunaan sosial media dan menyeimbangkan waktu untuk kegiatan lain yang lebih produktif dan positif bagi kesehatan mental dan emosional.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image