Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Traju Muktito

Energi Terbarukan Menjadi Bahan Bakar Kendaraan adalah Pilihan Termapan!

Teknologi | Thursday, 11 May 2023, 12:19 WIB

Kendaraan dengan bahan bakar energi terbarukan yaitu listrik sudah banyak sekali beredar di pasaran.Beberapa brand otomotif sudah mengenalkan produk . Tesla dengan Model X dan Model Y, Hyundai dengan Bionic 5, Toyota Innova Hybrid dan banyak lagi brand lain. Tidak kalah juga dengan produk lokal yaitu Gesits dengan motor listriknya.Dengan maraknya kendaraan listrik pada zaman sekarang. Kami akan membahas alasan mengapa kendaraan energi terbarukan adalah pilihan termapan :

1. Mengurangi Emisi Karbon dan Efek Rumah Kaca

Kendaraan yang menggunakan energi terbarukan dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang biasanya dihasilkan oleh kendaraan konvensional. Dengan beralih ke kendaraan listrik atau hidrogen, pengurangan secara signifikan pada emisi CO2 dan gas rumah kaca, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan kesehatan manusia. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Afonso Oscar Garcia dalam salah satu papernya menyebutkan bahwa menggunakan kendaraan hybrid lebih efektif dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi emisi CO2, dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar.

2.Hemat Pengeluaran Uang

Kendaraan berenergi terbarukan dapat membantu menghemat uang dalam jangka panjang, terutama kendaraan listrik. Meskipun harga kendaraan listrik saat ini cenderung lebih tinggi dibandingkan kendaraan konvensional, biaya pengoperasiannya jauh lebih murah karena biaya pengisian energi listrik jauh lebih rendah daripada biaya bahan bakar kendaraan konvensional. Selain itu, kendaraan listrik memiliki biaya perawatan yang cenderung lebih rendah dan lebih tahan lama daripada kendaraan bermesin pembakaran dalam, karena memiliki lebih sedikit komponen mekanis yang rentan terhadap kerusakan. Sehingga, dengan berinvestasi dalam kendaraan berenergi terbarukan, kita dapat menghemat uang dalam jangka panjang dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

3.Dukungan terhadap Penggunaan Kendaraan Energi Terbarukan Dari Pemerintah Indonesia

Pada tahun 2019, Pemerintah Indonesia menggelar program e-mobility yang bertujuan untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik sebagai opsi kendaraan yang ramah lingkungan. Program tersebut meliputi insentif pajak, pengembangan infrastruktur pengisian listrik, dan dukungan pengadaan kendaraan listrik untuk penggunaan umum. Selain itu, Pemerintah Indonesia juga menciptakan program yang memberikan diskon pada Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk pemilik kendaraan listrik.Hal ini memberikan dorongan finansial bagi masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik. Dalam upaya mempercepat pengembangan infrastruktur pengisian listrik, Pemerintah Indonesia telah membangun beberapa stasiun pengisian listrik (SPL) di kota-kota besar. Pada tahun 2020, Indonesia sudah memiliki sekitar 270 SPL dan berencana untuk meningkatkan jumlahnya menjadi 2.000 SPL pada tahun 2025.Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa mengadopsi kendaraan berenergi terbarukan bukan hanya keputusan yang cerdas secara ekonomi, tetapi juga berdampak positif bagi lingkungan dan kesejahteraan manusia. Dengan memilih kendaraan listrik atau hidrogen sebagai alternatif kendaraan bermesin pembakaran dalam, kita dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan bahan pencemar udara lainnya, serta mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil yang semakin langka dan mahal. Dalam jangka panjang, keputusan ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat, serta melindungi planet kita dari perubahan iklim yang semakin merugikan.

Daftar Pustaka :

 

  • CHEN-GLASSER, M., LANDIS, A.E. and DECALUWE, S.C., 2023. Carbon footprint of Li-Oxygen batteries and the impact of material and structure selection. Journal of Energy Storage, 60.
  • ZHONG, Z., YU, Y. and ZHAO, X., 2023. Revisiting electric vehicle life cycle greenhouse gas emissions in China: A marginal emission perspective. iScience, 26(5)
  • GARCÍA-AFONSO, Ó. and GONZÁLEZ-DÍAZ, B., 2023. Effectiveness of zero tailpipe vehicles to reduce CO2 emissions in isolated power systems, a realistic perspective: Tenerife Island test case. Energy, 273.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image