Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Peran Orang Tua dalam Perkembangan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak

Sastra | Thursday, 11 May 2023, 11:02 WIB

Di era modern ini banyak bidang pekerjaan yang memerlukan kemampuan berbahasa inggris yang cukup untuk mengikuti pasar internasional. Namun, banyak dari anak-anak muda merasa kesusahan dalam belajar dari bahasa inggris. Menurut penelitian, untuk mempelajari suatu bahasa dan fasih dalam menggunakannya untuk berkomunikasi memerlukan pengalaman yang cukup lama untuk orang yang ibunya memang tidak berbahasa inggris.

Jika kita sebagai orang tua ingin anak kita nanti untuk mampu berbahasa inggris dengan baik, kita perlu untuk memperkenalkan mereka mulai dari sedini mungkin agar anak-anak juga tidak merasa kaget dengan adanya bahasa yang bisa dibilang bukan bahasa sehari-hari mereka.

Jika kita ingin melakukan sesuatu agar anak dapat merasa familiar dengan Bahasa Inggris kita tidak boleh melakukan sembarang hal, karena hal tersebut dapat memberikan hasil yang berbanding terbalik dengan yang kita rencanakan. Dan artikel ini akan memberikan beberapa metode yang dapat anda laksanakan untuk anak-anak anda.

Berikut merupakan cara-cara yang dapat anda lakukan:

1. Coba untuk berkomunikasi dengan anak menggunakan bahasa inggris sedikit demi sedikit. Dengan begitu anak-anak kita memiliki waktu untuk terbiasa mendengarkan dan mungkin mampu berbicara dengan bahasa inggris meskipun hanya sedikit. Dengan cara ini mereka dapat melakukan pembelajaran lebih lanjut ketika mereka tumbuh.

2. Praktikan bahasa inggris pada hal-hal yang disukai mampu seperti jika anak suka bermain masak-masak praktikan penggunaan bahasa Indonesia dan selipkan juga bahasa inggris pada bahan-bahan makanan yang akan digunakan, jika anak-anak tertarik pada bidang olahraga, kita bisa mulai memperkenalkan nama-nama teknik pada olahraga yang mereka gemari dengan menggunakan bahasa inggris.

3. Jangan memaksa anak untuk cepat fasih dalam berbahasa inggris. Banyak pengalaman dari para orang tua yang begitu ingin anak-anak mereka untuk mahir dalam berbahasa inggris dengan memaksa mengikuti les bahasa inggris yang sebenarnya tidak disukai oleh anak-anak dan akhirnya berakibat membuat anak kehilangan motivasi untuk belajar.

Sebagai orang tua sudah pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati kita. Namun, jika kita tidak tahu apa yang harus dilakukan dapat memberikan efek yang berbanding terbalik dari yang kita inginkan. Dengan mengikuti cara-cara diatas mungkin dapat membantu anda untuk mengenalkan bahasa inggris kepada anak sejak usia dini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image