Bersikap Bijak Dalam Bermedia Sosial

Image
Dyah muttamimah
Eduaksi | Thursday, 23 Dec 2021, 12:34 WIB

Oleh Dyah Muttamimah Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Pekalongan

https://images.app.goo.gl/MY5afsSBjEchsHuk9

Kemajuan teknologi membuat semua bidang berlomba-lomba untuk memperlihatkan yang terbaik. Salah satunya media sosial, media sosial yang semakin bagus membuat para masyarakat tertarik untuk menggunakannya. Di era yang sudah modern seperti sekarang ini semua hal bisa diakses dengan sangat mudah. Seperti hal nya dalam mencari atau mendapatkan sebuah informasi. Semua kegiatan atau informasi yang sedang ramai di bicarakan di media sosial bisa dengan mudah diakses melalui aplikasi maupun situs web. Bahkan tidak sedikit dari masyarakat yang sengaja mencari informasi yang sedang ramai dibicarakan demi memenuhi kebutuhan informasinya.

Mengetahui pentingnya media sosial di zaman sekarang, tidak heran apabila banyak masyarakat mengunduh berbagai macam platform untuk mempermudah pekerjaan mereka sehari-hari juga sebagai kebutuhan informasi. Menurut survey dari We Are Social pengguna media sosial mengalami kenaikan secara global setiap tahunnya. Dan pada tahun 2021 pengguna media sosial mencapai 4,20 Milyar yang terdiri dari berbagai kalangan dan usia. Dari hal tersebut kita menyadari bahwa media sosial sudah sangat berdampak bagi keberlangsungan hidup.

Mudahnya akses dalam media sosial sering kali membuat penikmatnya lupa akan hal-hal yang sepatutnya tidak dilakukan saat bermedia sosial. Kita sebagai penikmat media sosial sudah seharusnya bisa menyaring informasi yang disajikan melalui media sosial dan bisa bersikap bijak dalam menggunakan media sosial. Karena jika kita tidak bijak dalam bermedia sosial bisa saja membahayakan diri kita sendiri. Mungkin hal-hal yang tidak diinginkan pun bisa terjadi. Selain itu, bijak dalam bermedia sosial sangatlah penting agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain yang bersangkutan, bahkan orang-orang diluar bisa saja dirugikan atas ke tidak bijakkan kita dalam bermedia sosial. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat harus bijak dalam bermedia sosial.

Di Indonesia setiap tanggal 10 Juni diperingati sebagai hari Media Sosial. Dilansir dari Liputan6.com, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jendral Idham Azis menyatakan bahwa media sosial memiliki peranan penting dalam sarana berkomunikasi dan memberikan informasi kepada masyarakat di era globalisasi. Oleh sebab itu, masyarakat diharapkan bisa menggunakan media sosial secara bijak. Sebab jejak digital sulit untuk dihapus. Dalam hal ini, Republik Indonesia juga memiliki peraturan untuk bersikap bijak dalam bermedia sosial. Hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008, mengenai UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik). Maka dari itu, masyarakaat diharapkan tidak semena-mena dalam menggunakan, mengunggah serta menyampaikan suatu informasi kepada khalayak, sebab terdapat hokum yang berlaku.

Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk bersikap bijak dalam bermedia sosial, yaitu :

a. Menjaga diri dari sikap kecemasan

Sering bukan, kita merasa kurang dengan diri kita sendiri. Merasa kurang beruntung, bahkan membandingkan diri sendiri dengan orang lain ketika sedang ber media sosial. Hal ini tentunya dapat memicu tingkat kecemasan dan depresi pada diri kita sendiri akibat merasa kurang dengan apa yang kita miliki. Agar tidak terjadi hal-hal tersebut, oleh karena itu kita perlu bersikap bijak saat bermedia sosial.

b. Menjaga nama baik diri sendiri

Menjaga nama baik diri sendiri merupakan suatu hal yang penting untuk bersikap bijak dalam bermedia sosial. Oleh karena nya kita sebagai masyarakat harus lebih berhati-hati dalam membagikan suatu postingan ke media sosial. Kita perlu memikirkan terlebih dahulu apa yang hendak kita bagikan.

c. Membangun Jaringan

Membangun jaringan di media sosial ini perlu kita lakukan, sebab dengan membangun jaringan, wawasan kita juga akan semakin luas. Dalam membangun jaringan di media sosial kita juga hrus memperhatikan orang-orang yang kita minati agar pembahasan yang dibicarakan dapat sejalan. Hal ini menjadi suatu cara yang bijak dalam bermedia sosial daripada digunakan secara sembarangan.

d. Mengikuti orang-orang yang menginspirasimu

Mengikuti orang-orang yang menginspirasi tentunya bisa memberikan pngembangan diri lewat media sosial. Hal ini tentunya memberikan dampak positif bagi kita apabila kita bijak dalam menggunakan platform yang ada.

Dengan pemaparan yang sudah dijelaskan diatas, maka kita perlu bersikap bijak dalam bermedia sosial, karena pada dasarnya media sosial adalah tempat bagi semua orang untuk melakukan segala hal dan dapat mengakses nya dengan mudah tanpa adanya batasan. Adanya UU ITE kita diharapkan senantiasa bisa berhati-hati dan bersikap bijak dalam menggunakan media sosial. Memang benar, bermedia sosial adalah hak setiap orang. Akan tetapi kita juga perlu membatasi tindakan agar tidak terjadi hal-hal yang buruk.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

suka menulis hal-hal yang bermanfaat

Bersikap Bijak Dalam Bermedia Sosial

Terapkan Pola Hidup Sehat Untuk Remaja

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Seberapa Penting Sih, Makan Bersama Keluarga Bagi Anak?

Image

5G yang Harus Ada Pada Guru

Image

Perlunya Branding Halal Tuorism di Indonesia

Image

Membaca Fleksibilitas Hukum BITCOIN dengan kacamata Qowaidul Fiqhiyyah

Image

Trend Kosmetik Pada Industri Halal Di Indonesia

Image

Terus Tingkatkan Kepedulian, Uhamka Kirimkan Bantuan Berkelanjutan untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image