Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Haikal Syakbanil Ukhra

Pengoptimalan Grafis dalam Game dengan Kecerdasan Buatan

Games | Wednesday, 10 May 2023, 04:57 WIB

Kecerdasan buatan adalah sebuah program lanjutan yang dapat memproses berbagai jenis informasi, merangkai pola, hingga membuat keputusan berdasarkan informasi yang dia dapatkan, kecerdasan buatan adalah produk teknologi yang bisa diaplikasikan di semua aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah dalam optimalisasi grafis khususnya dalam video game

Sumber : dokumen pribadi

Program kecerdasan buatan dalam optimalisasi grafis tersebut sudah diaplikasikan oleh salah satu perusahaan raksasa di dunia hardware grafis yaitu Nvidia dengan teknologi-nya yang dinamai sebagai Deep Learning Super Sampling (DLSS).

DLSS adalah teknologi yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menghasilkan kualitas grafis yang lebih baik dengan usaha yang lebih kecil, algoritma akan dilatih untuk melakukan proses penghasilan gambar berkualitas tanpa memberatkan kartu grafis, teknologi DLSS juga menggunakan proses anti-aliasing untuk menampilkan gambar dengan kualitas dan resolusi yang tinggi tanpa mengorbankan frame rate gambar.

Pada konsepnya, DLSS akan menjalankan game tersebut pada tingkatan grafis yang lebih rendah, kemudian gambar asli dari game tersebut akan dipertajam oleh sistem algoritma sehingga menghasilkan kualitas grafis yang jauh lebih baik. Pada DLSS generasi kedua, kualitas gambar hasil penajaman memiliki resolusi dan kualitas 4 kali lebih baik dari kualitas gambar aslinya, game yang dijalankan pada resolusi 1080 pixel akan dipertajam sehingga terlihat seperti game yang dijalankan pada resolusi 4096 pixel (4k).

Teknologi DLSS tersebut tersedia pada kartu grafis Nvidia seri RTX, teknologi DLSS generasi pertama pada awalnya dirilis untuk kartu grafis Nvidia seri 20 yaitu RTX 2060, RTX 2060 super, RTX 2070, RTX 2070 super, RTX 2080, RTX 2080 super, dan RTX 2080 Ti, DLSS generasi kedua dirilis untuk kartu grafis Nvidia seri 30 yaitu RTX 3050, RTX 3050 Ti, RTX 3060, RTX 3060 Ti, RTX 3070, RTX 3070 Ti, RTX 3080, RTX 3080 Ti, RTX 3090, dan RTX 3090 Ti, sedangkan DLSS generasi ketiga dirilis untuk kartu grafis Nvidia generasi terbaru yaitu RTX 4070, RTX 4070 Ti, RTX 4080, dan RTX 4090.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image