Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hibban Islam

Kenali Prodi Teknik Elektro dalam Pengabdian Masyarakat

Kabar | Tuesday, 09 May 2023, 09:44 WIB

FTMM merupakan salah satu fakultas di Universitas Airlangga yang memiliki kepanjangan dari Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin. Fakultas FTMM didirikan pada November 2019 dengan memiliki 5 program studi berjenjang S1, yakni: Teknik Elektro, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Teknik Sains Data, Teknik Industri, dan Rekayasa Nanoteknologi.

(https://unsplash.com/photos/3GZi6OpSDcY)

Program Pendidikan Teknik Elektro memiliki visi menjadikan lulusan S1 Teknik Elektro yang inovatif, unggul, dan terkemuka di tingkat nasional maupun internasional serta berkontribusi aktif untuk mensejahterakan bangsa berlandaskan moral agama. Misi prodi Teknik Elektro adalah mengembangkan pendidikan dan penelitian sehingga menjadi lulusan yang bereputasi internasional dan berkontribusi dalam penerapan teknologi tepat guna dan modern di masyarakat nasional dan internasional.

Prodi Teknik Elektro dalam FTMM merupakan prodi yang termasuk bagian dari bidang teknik (engineering) yang mempelajari, mendesain, dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik, elektronika, dan elektromagnetik sekaligus sistem kontrol.

Selain Pengenalan prodi Teknik Elektro, prodi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena banyak perusahaan industri membutuhkan ahli kelistrikan. Selain di perusahaan industri, banyak desa-desa yang belum teraliri listrik hingga saat ini. Dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI, Rabu (15/6/2022), Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan “Masih ada lebih dari 4.700 desa yang belum menikmati listrik PLN saat ini, tercatat rasio desa berlistrik yang bersumber dari PLN adalah sebesar 90,78% bahkan beberapa provinsi tercatat masih di bawah 80%”

Peluang lulusan Teknik Elektro dapat berkontribusi dalam pengabdian masyarakat demi memajukan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju sangat besar karena pada saat ini masyarakat membutuhkan listrik untuk kehidupan sehari-harinya.

Banyak bidang-bidang yang dapat dilakukan oleh lulusan Teknik Elektro yang mana semua ilmunya dapat berkontribusi pada masyarakat:

 

  • Teknik Ketenagalistrikan

Mempelajari tentang instalasi dan pengaplikasian perangkat yang berkaitan dengan pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu tempat ke tempat yang lain. Bidang ini merupakan bidang tertua dari Teknik Elektro.

 

  • Teknik Kendali

Mempelajari sistem elektronik untuk memberikan pengaturan perintah dengan cepat dan tepat. Teknik kendali tidak hanya terbatas pada Teknik Elektro, Teknik kendali dapat diaplikasikan pada bidang-bidang yang lain seperti kesehatan.

 

  • Teknik Telekomunikasi

Teknik ini berfokus dalam menyalurkan suatu informasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Sistem Telekomunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik, berbagai macam kabel, atau serat optik untuk mengirimkan informasi.

 

  • Teknik Komputer

Di prodi Teknik Elektro mempelajari perancangan sistem perangkat keras dan program komputer. Sistem komputer dari komputer besar disebut dengan mainframe yang digunakan dalam dunia perbankan, rekayasa, dan sains.

 

  • Elektronika

Bidang ini berhubungan dengan berbagai material yang dapat mengatur aliran listrik, seperti: diode, transistor, dan sirkuit terpadu untuk membangun perangkat keras. Hasil dari elektronika akan digunakan pada bidang teknik komputer dan teknik telekomunikasi.

Dengan banyaknya manfaat dalam prodi Teknik Elektro, prodi ini dapat dikatakan termasuk berperan besar dalam mensejahterakan masyarakat, memajukan bangsa Indonesia, dan dapat memajukan teknologi di masa depan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image