UTBK UGM Diikuti 13.448 Peserta dari Seluruh Indonesia

Info Kampus  
Rektor UGM meninjau pelaksanaan UTBK. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta diikuti 13.448 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Satu orang peserta difabel tunadaksa yang mengikuti ujian di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) mendapat pendampingan Pokja Peduli Difabel UGM. Pelaksanaan UTBK berlangsung tanggal 8 Mei hingga 14 Mei 2023.

Demikian diungkapkan Ketua Pusat UTBK UGM, Prof Dr Wening Udasmoro, SS, MHum, DEA, kepada wartawan di Yogyakarta, Senin (8/5/2023). Peserta wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, di antaranya, memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

BACA JUGA : UGM Sediakan 100 Kursi Bagi Calon Mahasiswa Luar Pulau Jawa

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

UGM, jelas Wening Udasmoro, sebagai salah satu Pusat UTBK menyelenggarakan 11 sesi tes yang bertempat di 12 lokasi di lingkungan UGM. Dalam satu hari pelaksanaan UTBK terdiri dari dua sesi yakni sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi dilaksanakan mulai pukul 06.45-10.00 WIB, sedangkan sesi siang dilaksanakan mulai pukul 12.30-16.15 WIB.

Jumlah peserta per sesi sebanyak 1.223 orang, kecuali di sesi ke-12 jumlah peserta sebanyak 1.218 orang. “UGM juga menyiapkan tim kesehatan yang selalu standby untuk memantau kesehatan peserta ujian,” kata Wening Udasmoro.

Lokasi ujian tersebar di 12 tempat yaitu Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran Gigi, FKKMK, Fakultas MIPA, Gedung Suhardi Sigit Departemen Ekonomika dan Bisnis SV, Gedung Magister Manajemen (MM), Gedung Magister Ekonomi Publik (MEP), Perpustakaan Pusat UGM dan Gedung TILC Sekolah Vokasi UGM.

BACA JUGA : UGM Buka Program Penelusuran Bibit Unggul Bagi Daerah 3T

Sedang Rektor UGM, Prof dr Ova Emilia, M Med, Ed, Sp OG(k), PhD, meninjau pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di beberapa lokasi ujian yang berada di Kampus UGM, Senin (8/5/2023). Rektor memonitoring pelaksanaan UTBK untuk memastikan seluruh proses ujian berjalan lancar.

“Tadi ada kendala terkait sistem secara nasional, sempat bermasalah, tetapi sudah bisa diatasi dan tiada ada peserta yang dirugikan,”jelas Ova kepada wartawan di sela-sela peninjauan lokasi UTBK di FKKMK UGM.

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Dr Arie Sujito, SSos, MSi, mengatakan UGM berkomitmen memfasilitasi seluruh peserta ujian, baik dari sisi kesehatan, aksesibilitas dan lainnya. UGM juga berkomitmen menjunjung integritas dengan mengantisipasi adanya tindakan kecurangan dalam pelaksanaan ujian.

“Jadi kita mengupayakan langkah untuk mendeteksi kecurangan melalui pemeriksaan pada seluruh peserta sebelum memasuki ruang ujian. Hal ini dilakukan untuk membangun kepercayaan di awal bahwa ujian diselenggarakan secara profesional,” kata Arie Sujito. (*)

BACA JUGA : Prodi Rekayasa Tekstil UII Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneurship

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image