Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ordelia Rasendriya L.P.P

Perjalanan Diri Seorang Mahasiswa Baru

Edukasi | Saturday, 06 May 2023, 08:52 WIB

Tepat sekitar bulan Juli atau Agustus tahun 2022, saya diterima di program studi Teknik Lingkungan Universitas Airlangga. Perjuangan yang sangat melelahkan tentunya untuk diterima di salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia. Program studi saya saat ini sebenarnya bukan rencana awal saya dulu ketika duduk di bangku SMA. Tetapi, saya berusaha untuk selalu bersyukur dan berusaha untuk menikmati proses demi proses selama saya menjadi mahasiswi Teknik Lingkungan Universitas Airlangga.

Sekitar pertengahan bulan Agustus 2022, perjuangan saya di mulai. Saat itu, saya melakukan PKKMB Universitas dan Fakultas. Saya bisa mengenal teman baru, keluarga baru, dan tentunya kakak tingkat yang baik – baik. Bulan September 2022 tepatnya, saya sudah mulai untuk belajar di kelas. Saya mengawali semester 1 saya di hari senin dengan belajar mata kuliah Agama Islam. Kelas Agama Islam dapat dikatakan yang palling saya sukai pada saat itu karena dosennya yang baik dan suka guyonan sehingga kelas tidak terlalu tegang.

Selain mata kuliah Agama Islam yang saya pelajari, saya juga mempelajari mata kuliah yang lainnya di hari berikutnya. Mata kuliah tersebut di antaranya, yaitu Bahasa Indonesia, Biologi Dasar, Kimia Dasar, Pancasila dan Kewarganegaraan, Data dan Pustaka, serta Pengantar Ilmu dan Teknologi Lingkungan. Dari mata kuliah tersebut, hanya ada satu mata kuliah yang milik program studi saya yaitu Pengantar Ilmu dan Teknologi Lingkungan (PITL). PITL adalah mata kuliah yang dapat dikatakan sebagai bekal awal untuk mahasiswa dan mahasiswi Teknik Lingkungan. Di sana, saya dapat mengetahui apa sih Teknik Lingkungan itu?, apa yang dipelajari di Teknik Lingkungan, dan lain sebagainya.

Berbicara tentang Teknik Lingkungan, saya memilih program studi tersebut karena saya senang tentang suatu hal yang berhubungan tentang lingkungan hidup. Sebenarnya, saya ingin masuk di program studi kehutanan tetapi saya merasa minder dulu. Sehingga sebagai gantinya saya memilih Teknik Lingkungan karena juga berhubungan dengan lingkungan. Di Teknik Lingkungan sendiri saya juga dapat mengetahui kualitas udara dan air yang baik itu bagaimana, dengan cara mengujinya. Saya juga mengetahui bagaimana cara menjaga lingkungan yang baik dengan suatu teknik.

Menjadi mahasiswi Teknik Lingkungan pada semester 1 dulu bukanlah hal yang mudah bagi saya karena saya harus bertransisi dari SMA ke jenjang kuliah. Saya merasa kaget pada saat itu karena saya harus dipaksa untuk terus berjalan atau bahkan berlari. Tetapi saat ini, saya berpikir agar untuk selalu melakukannya dengan senang hati, yakin bahwa pasti bisa, dan pastinya meminta support dari kedua orang tua. Perjuangan saya saat ini, suatu saat pasti akan mendapat balasan berupa kesuksesan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image