Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gravano Alfa

Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Bidang Transportasi Umum

Teknologi | Tuesday, 02 May 2023, 11:41 WIB
Ilustrasi kendaraan dalam kota. Sumber Gambar: Adobe Stock

Transportasi umum menjadi salah satu infrastruktur penting pada kehidupan modern. Di dalam era digital yang semakin maju ini, teknologi Artificial Intelligence atau biasa disingkat AI dapat membantu manusia dalam pengembangan dan pemanfaatan transportasi umum yang lebih autonomous, efisien, dan berkelanjutan.

Lalu, bagaimana pengembangan dan pemanfaatan AI pada bidang transportasi umum? Berikut adalah contoh pemanfaatan AI dalam bidang transportasi umum:

A. Pengembangan Kendaraan Otomatis

Penggunaan kendaraan otomatis dalam transportasi umum merupakan salah satu aplikasi utama AI. Kendaraan otomatis ini dapat meningkatkan efisiensi, keamanan, dan mengurangi biaya operasional.Selain itu, kendaraan otomatis juga dapat diintegrasikan dengan sistem pengisian energi listrik dan bahan bakar alternatif. Hal ini dapat membantu mengurangi emisi karbon dan meningkatkan keberlanjutan transportasi umum.

B. Perencanaan Rute dan Jadwal yang Optimal

Sistem AI dapat digunakan untuk merencanakan rute dan jadwal transportasi umum yang optimal berdasarkan data historis dan kondisi lalu lintas. Sistem ini dapat membantu mengoptimalkan jadwal perjalanan dan meminimalkan waktu tunggu, sehingga meningkatkan kenyamanan bagi pengguna. Penggunaan sistem AI ini juga dapat memprediksi kepadatan lalu lintas pada waktu tertentu dan memungkinkan pengguna transportasi umum untuk menggunakan rute transportasi umum yang tercepat untuk mencapai tujuan.

C. Pemantauan Kondisi Kendaraan

Sistem AI dapat digunakan untuk memantau kondisi kendaraan seperti mesin, sistem rem, dan bagian lainnya yang mempengaruhi kinerja transportasi umum. Hal ini dapat membantu dalam menjaga kendaraan tetap dalam kondisi baik dan memperpanjang umur pakai kendaraan.

D. Peningkatan Pengalaman Pengguna

Sistem AI dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna transportasi umum dengan memprediksi tingkat keramaian dan menginformasikan pengguna tentang waktu tunggu tiba, jadwal yang terintergrasi, dan perubahan rute bilamana ada kepadatan atau bencana yang mengharuskan transportasi umum tersebut merubah rutenya. Sistem ini juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi mobile, website atau sistem informasi di stasiun dan halte transportasi umum.

Ilustrasi Halte Transportasi Umum. Sumber Gambar: crookedbrains.net

E. Manajemen Operasi Transportasi Umum

Sistem AI dapat membantu dalam manajemen operasi transportasi umum dengan memonitor kendaraan, mengoptimalkan jadwal dan rute, dan memperbaiki masalah yang terjadi selama pengoperasian. Sistem ini juga dapat memantau kondisi jalan, cuaca, dan faktor lainnya yang mempengaruhi kinerja transportasi umum.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image