Haedar Nashir : Pendidikan PTM/A Jangan Tinggalkan Kecerdasan Intelektual

Info Kampus  
Prof Haedar Nashir saat memberikan tausyiah Syawalan Keluarga Besar UAD, Sabtu (29/4/2023). (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Pendidikan di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTM/A) tidak boleh hanya mengedepankan kecerdasan emosional, spiritual, tetapi meninggalkan kecerdasan intelektual. Namun ketiganya harus berjalan seiring, berimbang dan berkualitas.

Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi, Ketua Umum PP Muhammadiyah mengungkapkan hal tersebut pada Syawalan Keluarga Besar Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di Masjid Islamic Center Kampus 4 UAD Yogyakarta, Sabtu (29/4/2023). Pendidikan yang hanya mengedepankan kecerdasan emosional dan spiritual merupakan kemunduran.

BACA JUGA : UAD Kerjasama The SEA-Teacher Student Exchange dengan 11 Perguruan Tinggi Tiga Negara

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Keseimbangan kecerdasan emosional, spiritual dan intelektual itu penting. Tetapi keseimbangan yang kualitatif dan syawal atau di atas rata-rata. Jangan keseimbangan yang pas-pasan, karena keseimbangan yang pas-pasan tidak bisa bersaing dengan yang lain," tandas Haedar.

Saat ini, tambah Haedar, Indonesia masih tertinggal dibandingkan dengan negara lain di bidang kecerdasan intelektual. Karena itu, pesan tersebut mengandung dua hal. Pertama, hati-hati dalam merancang bangun pendidikan, jangan terlalu bersemangat tentang spiritual, moral, dan meninggalkan dunia intelektual.

"Kedua, jangan merasa sudah sukses mengelola pendidikan di Indonesia. Kita masih tertinggal dari negara tetangga. Human development Index kita nomor tujuh, daya saing kita nomor enam dari negara-negara ASEAN," tandas Haedar.

Indonesia, kata Haedar, telah mempunyai proyeksi tahun 2045 yaitu Indonesia Emas. Karena itu, proyeksi pendidikan harus benar. "Di sini kita dituntut untuk mengembangkan pendidikan bersifat transformatif sehingga memiliki keunggulan," tandasnya.

BACA JUGA : Tim Mahasiswa UAD Raih Enam Gelar Juara pada MTQMN UNY

Menurut Haedar, parameter keunggulan ada dua yaitu kompetisi dan komparasi. Pendidikan disebut unggul kalau dikompetisikan berada bisa berada di depan. Sedang jika dikomparasikan menjadi yang terbaik. "UAD sudah terakreditasi institusi A. Karena itu, kualitatif harus menggambarkan akreditasi tersebut," tambahnya.

Sementara Rektor UAD, Muchlas MT mengatakan syawalan merupakan awal aktivitas produktif untuk memajukan UAD, sebagai wujud meningkatnya ketaqwaan setelah berpuasa. Civitas akademika dituntut terus menjaga kerukunan dan keakraban yang telah terkondisi dengan baik.

"Karena kerukunan menjadi modal penting untuk terus mengupayakan UAD menjadi perguruan tinggi yang unggul, inovatif yang mampu memberikan pengabdian yang optimal pada bangsa, umat manusia, berlandaskan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan," kata Muchlas.

Untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul, kata Muchlas, pertama, UAD akan terus melakukan inovasi yang menghasilkan produk-produk unggulan. "Jika memperhatikan perjalanan riset UAD, terlihat di bidang teknologi cukup masif mewarnai kegiatan inovasi yang menghasilkan produk-produk unggul teknologi Hankam, Medis, dan Informasi," katanya.

BACA JUGA : Haedar Nashir : Mahasiswa Baru UAD Jadilah Sosok Pembaru

Kedua, kata Muchlas, seperti pesan Ketum PP Muhammadiyah, UAD perlu menetapkan identitas ekosistem akademik yang dikembangkan berbasis nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan, baik nilai normatif, dan transformatif. "Merujuk salah satu manhaj Islam berkemajuan, pengembangan diskursus akademik perlu penggunaan tiga pendekatan yaitu bayani (teks), burhani (rasional akal), dan irfani (hati nurani)," ujarnya.

Ketiga, UAD perlu mengembangkan dan melaksanakan model kepemimpinan transformatif. Model kepemimpinan ini diharapkan dapat membawa perubahan yang signifikan bagi kemajuan UAD. "Kepemimpinan ini dijalankan berbasis pada sistem, bukan figur perorangan, juga kepemimpinan yang hanya terkenal dan baik di panggung saja. Tetapi tidak memberikan perubahan yang berarti pada kemajuan universitas kita," tandasnya.

Sedang keempat, pengembangan kampus berorientasi langit yaitu muara dari semua upaya memajukan UAD adalah memperoleh karunia dan ridho Allah SWT. "Karena itu, totalitas dari bapak ibu civitas akademika UAD untuk meniatkan kembali dengan ikhlas dan kita jalani dengan aktivitas amal sholeh sesuai core value UAD yaitu inovatif, proposional, dedikatif," harap Muchlas. (*)

BACA JUGA : FTI UII dan PII DIY Kerjasama untuk Perkuat Prodi Keinsinyuran

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image