Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Duniaeni

5 Kegiatan Seru Mengisi Cuti Lebaran Bersama Keluarga

Gaya Hidup | Wednesday, 26 Apr 2023, 11:58 WIB

Cuti lebaran bersama adalah hari yang ditunggu-tunggu umat Muslim setelah sebulan khususnya bagi para pekerja yang telah penuh berpuasa menahan lapar dan dahaga. Biasanya pada bulan yang dirayakan dengan meriah ini akan berkumpul semua sanak-saudara, bahkan yang jauh pun akan menyempatkan diri untuk datang.

Karena tidak afdol kalau Idul Fitri tidak dirayakan dengan penuh suka cita dengan saling mengunjungi, maaf-maafan, menerima maupun memberi angpao, dan menikmati hidangan special ala lebaran. Terlebih cuti lebaran bersama pada tahun ini merupakan yang pertama bebas dari ancaman Covid 19, sehingga pasti kebahagiaannya berlipat ganda. Tidak perlu khawatir atau was-was saat mudik, atau saling berkunjung.

Namun tidak semua umat Muslim pada hari Idul Fitri bisa mudik atau berkunjung ke tempat sanak family yang jauh. Beberapa mungkin ada yang berhalangan karena sakit, kondisi keuangan sedang tidak bersahabat. Tapi jangan sampai liburan hari raya Idul Fitri kehilangan moment indah karena situasi dan kondisi tersebut, apalagi liburan Idul Fitri termasuk liburan yang panjang.

5 Kegiatan Idul Fitri Menjadi Moment Menghibur

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga untuk mengisi liburan hari raya Idul Fitri, selain mudik dan mengunjungi sanak keluarga yang jauh. Berikut ini lima kegiatan yang bisa membuat moment liburan hari raya Idul Fitri tetap menyenangkan:

Membuat Hampers Idul Fitri

Membuat hampers Idul Fitri tidak harus mahal, tapi bisa juga dengan hal yang kreatif, seperti membuat kartu lebaran, buku harian, tempat sisir, gantungan kunci, atau hiasan dinding berisi quote-quote Islami. Banyak situs-situs web yang menyediakan beragam quote umum maupun Islami yang berisi kata-kata indah, tinggal browsing. Era digital membuat segala hal mudah ditemukan hanya dengan memiliki internet provider yang menambah kegiatan browsing jadi cepat.

Vidio Call Keluarga Jarak Jauh

Vidio call bisa menjadi hiburan Idul Fitri yang menyenangkan, karena dapat menghubungi sanak saudara di mana pun berada. Terlebih jika memakai internet provider yang tanpa kendala sinyal, dijamin vidio call serasa bertemu langsung. Bisa melihat langsung lawan bicara, bisa mendengarkan suaranya.

Makan Bersama di Rumah

Hari Raya Idul Fitri biasanya memasak hidangan yang nyaris serupa, seperti rendang, opor, ketupat, sayur godok. Coba ajak orang rumah untuk memasak hidangan yang berbeda, misalnya liwetan dan undang tetangga atau sanak family, sehingga liburan Idul Fitri di rumah jadi menyenangkan. Jika tidak tahu resep liwetan bisa cari di internet, banyak pilihan resep nasi liwet di sana. Apalagi kalau menggunakan internet provider IndiHome, tambah mudah.

Main Game Bersama atau Mabar

Perkembangan teknologi saat ini memang membuat silaturahmi bisa dengan apa saja, seperti main game bersama dengan istilah ‘MABAR’. Mabar ini bisa dilakukan bersama-sama dengan jarak jauh. Entah, bersama teman maupun family. Hanya saja butuh internet provider yang cepat. Biar kegiatan mabar tidak tersendat-sendat atau terputus-putus, apalagi sampai kejadian nge-freeze atau nge-frame. Bisa coba pasang internet provider dari Telkomsel Indonesia.

Nonton Film-Film Seru di Rumah

Nonton film-film seru di rumah biasa jadi pilihan paling seru saat liburan Idul Fitri di rumah. Bisa menonton bersama keluarga, sanak family yang berkunjung, atau mengundang teman dekat ke rumah. Biasanya hari libur Idul Fitri banyak film-film menarik, baik film lokal maupun film mancanegara.

Nah, itulah 5 kegiatan liburan di hari raya Idul Fitri yang bisa menjadi pilihan. Sebenarnya tidak hanya dilakukan di rumah saja, tapi bisa juga dilakukan di saat mudik. Biar liburan tidak terasa membosankan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image