Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Keluarga Hamsa

Liburan Idulfitri di Rumah Saja? Ini 7 Kegiatan Menghibur yang Bisa Kamu Lakukan

Gaya Hidup | Tuesday, 25 Apr 2023, 10:03 WIB

Idulfitri insyaAllah segera tiba. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini, karena pandemi Covid-19 telah menuju endemi, maka kemungkinan besar masyarakat banyak yang berlebaran di kampung halaman masing-masing. Nah, buat teman-teman yang tahun ini masih akan merayakan liburan Idulfitri di rumah aja, seperti sebelumnya, jangan terlalu risau. Banyak banget kok kegiatan menghibur yang bisa kamu lakukan di rumah, antara lain:

Menonton film/ drama

Tak perlu pergi ke bioskop, sekarang menonton film pun bisa kita lakukan di rumah. Apalagi, kalau kita berlangganan layanan streaming, enggak hanya nonton film, seharian kita bisa menikmati drama secara maraton.

Kita bisa memilih tema film atau drama yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. Agar lebih seru, kita juga bisa mengajak anggota keluarga lainnya mendiskusikan film apa yang akan ditonton. Bisa juga saling mengusulkan tayangan favorit masing-masing, kemudian mengundinya, dan memutar film/ drama berdasarkan urutan undian yang keluar tadi.

BTW, FYI, supaya bisa berlangganan layanan streaming dengan harga lebih terjangkau, teman-teman bisa memakai internet provider yang sudah bundling dengan layanan streaming ini. Kalau di rumah sih saya memakai IndiHome yang memiliki paket bundling dengan layanan streaming seperti Netflix dan Disney.

Bermain bersama

Bosan menonton film, kita bisa menghabiskan waktu dengan bermain bersama seluruh anggota keluarga. Kegiatan ini bagus untuk makin merekatkan bonding antar keluarga.

Ada banyak permainan menghibur yang bisa kita mainkan bersama, seperti mabar online. Kita bisa memanfaatkan internet provider di rumah supaya bisa memainkan games menarik yang memfasilitasi multiplayer. Beberapa contoh games online yang bisa dimainkan bersama antara lain: Ludo King, Uno, Among Us, dll.

Kalau bosan melakukan permainan secara online, bisa juga beralih bermain boardgame. Permainan boardgame yang seru dimainkan bareng anggota keluarga seperti: Monopoli, Ular Tangga, Catur, dll.

Karaoke

Menghabiskan waktu dengan karaoke bareng keluarga di rumah saja juga cukup seru, lho. Kita bisa memanfaatkan provider internet di rumah untuk searching dan download lagu-lagu popular. Jangan lupa download lagu dari platform musik yang legal ya.

Biar lebih menarik, kita juga bisa mengadakan lomba menyanyi. Nanti, siapa yang paling bagus penampilannya bisa mendapatkan hadiah. Hadiahnya pun enggak perlu yang wah, bisa juga berupa bebas tugas dari mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Dijamin seru, deh.

Bertukar kado

Bertukar kado antar anggota keluarga juga merupakan aktivitas seru. Kita bisa mencari tahu sebelumnya, kado apa yang paling diinginkan oleh saudara atau orang tua kita.

Kalau enggak sempat membeli kadonya di luar rumah, maka kita bisa memanfaatkan internet provider kita di rumah untuk berselancar di online marketplace. Keuntungan belanja kado di online marketplace biasanya barang-barangnya lebih lengkap dan banyak pilihan. Harganya pun biasanya lebih miring.

Zaman sekarang gitu, makin banyak kemudahan, asalkan punya jaringan internet di rumah. Semuanya bisa kita lakukan dengan hanya memanfaatkan smartphone kita, termasuk berbelanja.

Piknik di halaman rumah

Punya halaman luas? Yuk, piknik saja di halaman rumah. Kita bisa memasang tenda kecil atau sekadar menggelar tikar piknik di halaman. Jangan lupa mendekorasi area piknik supaya lebih menarik. Untuk hal yang satu ini kita bisa memanfaatkan internet provider kita supaya bisa mendapatkan inspirasi mendekorasi area piknik kita.

Jangan lupa siapkan menu makanan dan minuman yang enak untuk menemani kegiatan piknik kita. Lebih asyik lagi kalau bisa memanggang daging juga. Lalu, supaya kegiatan piknik terasa lebih semarak, kita juga bisa menyetel musik atau bermain boardgames bersama.

Gardening

Selain piknik di halaman, kegiatan outdoor yang bisa kita lakukan di rumah adalah gardening. Kita bisa menyulap halaman dengan menanam tumbuhan yang kita suka. Bisa tumbuhan yang bisa kita panen kelak, seperti sayuran dan buah-buahan. Bisa juga tanaman hias seperti bunga, perdu, dll.

Sebelumnya, jangan lupa untuk menyiapkan bahan dan peralatan berkebun, seperti bibit tanaman, pot, gunting rumput, alat penyiram tanaman, dll.

Tetap bersilaturahmi dengan memanfaatkan teknologi

Pandemi kemarin sepertinya sudah mengajarkan kita, bahwa meskipun merayakan liburan Idulfitri di rumah saja, kita masih bisa bersilaturahmi. Salah satu caranya dengan memanfaatkan teknologi internet. Kita bisa melakukan video call secara individual atau beramai-ramai dengan kerabat atau teman di luar sana.

Usahakan pakai internet provider yang bagus supaya kegiatan video call lancar. Seperti yang saya bilang sebelumnya, kalau di rumah saya berlangganan internet provider IndiHome dari Telkom Indonesia, sehingga memudahkan bersilaturahmi dengan keluarga atau teman walau lebaran enggak mudik.

Nah, itulah teman-teman beberapa kegiatan menghibur yang bisa dilakukan di rumah kala liburan Idulfitri tahun ini masih di rumah saja seperti tahun sebelumnya. Intinya enggak perlu khawatir bosan deh, tentu saja selama ada internet provider di rumah, banyak hal seru yang bisa kita lakukan. Semoga postingan ini bermanfaat ya ???? .

April Hamsa

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image